KAPAN Jadwal Pencairan Dana BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 2 Ke Bank Mandiri, BTN, BCA, BRI, BNI, dan CIMB ? Simak Jadwal Lengkapnya DISINI

KAPAN Jadwal Pencairan Dana BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 2 Ke Bank Mandiri, BTN, BCA, BRI, BNI, dan CIMB ? Simak Jadwal Lengkapnya DISINI

Kamis, 12 November 2020

Belajardirumah.org -  Pertanyaannya, Dana Bantuan Subsidi Gaji atau BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap 2 batch 1 telah disalurkan pemerintah. BLT bank swasta kapan cair? Namun, Bantuan Subsidi Gaji atau BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap 2 batch 1 baru dicairkan ke himpunan bank milik negara (Himbara).


Jadi Bantuan Subsidi Gaji atau BLT BPJS tahap 2 batch 1 ini telah dicairkan pada tanggal 11 November 2020 ke rekening BNI, BRI, Mandiri, dan BTN.


Lalu kapan dana subsidi gaji atau BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap 2 batch 1 ini akan disalurkan ke bank swasta?


Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah memastikan pencairan BLT sudah dimulai sejak senin, 9 November 2020.


Menurut pernyataan Menaker dalam keterangannya, "Kami upayakan dalam satu minggu bisa diproses 2 tahap (batch) langsung. Sehingga dapat segera diterima teman-teman pekerja/buruh untuk membantu daya beli dan konsumsi masyarakat."


Pekerja yang memiliki rekening di luar bank HIMBARA seperti BCA, BPD dan lain-lain akan membutuhkan waktu transfer 3 hingga 5 hari.


Dana BLT BPJS baru cair ke bank swasta diperkirakan akan cair pada tanggal 13-14 November 2020.


Bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan tersebut disalurkan kepada para pekerja atau buruh yang bergaji kurang dari Rp5 juta perbulan.


Bantuan disalurkan sebesar Rp2,4 juta rupiah selama empat bulan dan an diberikan secara bertahap yakni, gelombang pertama pada bulan September hingga Oktober sebesar Rp1,2 juta.


Lalu gelombang kedua yakni pada bulan November hingga Desember 2020 sebesar Rp1,2 juta.


kanisme pencairan BLT Subsidi Gaji/Upah BPJS ini tetap mengikuti Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah bagi Pekerja/Buruh dalam Penanganan Dampak Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) dan dibagi dalam beberapa batch.


Pekerja juga dapat cek namanya apakah menerima atau tidak BLT Subsidi Gaji BPJS Gelombang 2 Batch 1 tersebut dengan cara berikut ini:


  1. Buka website resmi Kementerian Ketenagakerjaan di link www.kemnaker.go.id
  2. Pada pojok kanan atas, klik Daftar
  3. Jika belum memiliki akun, klik Daftar Sekarang yang terdapat pada bagian bawah kolom masuk
  4. Mulai isi data diri, masukkan NIK, Nama Orang Tua, Email, Nomor HP, Password, kemudian klik Daftar Sekarang
  5. Apabila sudah selesai, sistem akan mengirimkan kode OT melalui SMS ke nomor HP pendaftar
  6. Lakukan aktivasi akun, masuk kembali ke website, dan klik Masuk pada bagian pojok kanan atas website
  7. Lanjutkan pengisian formulir dengan lengkap
  8. Setelah lengkap, akan muncul status pemberitahuan pada dashboard, apakah pendaftar masuk dalam daftar penerima bantuan BLT Subsidi Gaji yang diusulkan BPJS
  9. Ketenagakerjaan ke Kemnaker atau tidak.
  10. Apabila nama pendaftar sudah terdaftar dalam sistem Kemnaker, namun belum mendapatkan bantuan Subsidi Gaji, dapat melakukan Kirim Aduan untuk menyampaikan keluhannya.

Demikian berita mengenai Jadwal Cair Dana BLT BSU Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan Tahap 2 atau Gelombang 2 Ke Rekening Bank Negeri dan Swasta Mandiri, BTN, BCA, BRI, BNI, dan CIMB, Semoga informasi dan berita ini dapat bermanfaat untuk teman-teman yang sedang mencari informasi lengkap mengenai bantuan tunai dari pemerintah.***