KENAPA BLT Subsidi Gaji BPJS Gelombang 2 Belum Masuk Rekening ? Simak Penjelasan Lengkap Menaker

Advertisement

KENAPA BLT Subsidi Gaji BPJS Gelombang 2 Belum Masuk Rekening ? Simak Penjelasan Lengkap Menaker

Minggu, 15 November 2020

Belajardirumah.org -  Beberapa hari terakhir, muncul pertanyaan Kenapa BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan Gelombang 2 atau Tahap 2 Belum masuk ke rekening atau belum cair? Mengenai hal ini, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah angkat bicara.


Ia secara tegas membantah kabar tersebut. Mengingat bantuan subsidi gaji telah disalurkan kepada 4.893.816 pekerja.


"Sebelumnya kami mendapat informasi bahwa penyaluran ( bantuan BPJS) termin kedua ditunda."


"Hal itu tidak benar. Buktinya, termin kedua tahap I sudah disalurkan sejak hari Senin (9/11/2020)," kata Ida dilansir dari Antara via Kompas.com, Sabtu (14/11/2020).


Berdasarkan data terbaru, Kementerian Ketenagakerjaan telah menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) termin II masing-masing sebesar Rp 1,2 juta kepada 4.893.816 orang.


Rinciannya, pencairan tahap I pada Senin (9/11/2020) dilakukan untuk 2.180.382 orang. Sementara untuk tahap II pada Kamis (12/11/2020) untuk 2.713.434 orang.


Total anggaran yang dikeluarkan untuk pencairan BLT termin II BSU mencapai Rp 5,8 triliun.


Dalam pernyataannya, Ida menjelaskan bahwa setelah BLT subsidi gaji termin pertama selesai disalurkan, Kemnaker melakukan evaluasi bersama BPJS Ketenagakerjaan, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), Ditjen Pajak, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Komisi Pemberantasan K0rupsi (KPK).


Kemnaker juga telah selesai melakukan pemadanan data dengan Ditjen Pajak, sehingga subsidi gaji atau BLT BPJS bisa langsung dicairkan.


BSU adalah subsidi yang diberikan bagi pekerja formal berpendapatan kurang dari Rp 5 juta per bulan. Bantuan pemerintah berupa subsidi sebesar Rp 600.000 per bulan disalurkan selama empat bulan atau total Rp 2,4 juta.


Subsidi gaji itu disalurkan secara bertahap, yakni termin I kepada masing-masing penerima sebesar Rp 1,2 juta pada September-Oktober 2020 dan termin II sebesar Rp 1,2 juta pada November-Desember 2020.


Namun yang perlu diketahui, pencairan BLT subsidi gaji gelombang II tak dilakukan serentak. Karena proses pencairannya harus melewati verifikasi dan validasi di BP Jamsostek dan Kemnaker.


Selain itu, proses transfer ke rekening juga dilakukan melalui bank Himbara atau bank BUMN sebelum kemudian ditransfer ke masing-masing rekening penerima, termasuk pemilik rekening bank swasta.


Pada pencairan subsidi gaji gelombang pertama, pencairannya dilakukan bertahap dalam beberapa minggu kepada jutaan pekerja.


"Selanjutnya akan ditransfer ke bank penyalur dan dicairkan ke masing-masing rekening penerima baik rekening Himbara maupun non-Himbara sama dengan mekanisme termin pertama," kata Ida beberapa waktu sebelumnya.


Ia memastikan bahwa Kementerian Ketenagakerjaan akan terus berupaya mempercepat proses pencairan BLT subsidi gaji gelombang 2 bagi pekerja dengan pendapatan di bawah Rp 5 juta itu.


Ia mengupayakan agar dalam satu pekan bisa diproses dua tahap langsung.


Proses penyaluran bantuan BPJS Ketenagakerjaan termin II sendiri berbeda dengan sebelumnya karena atas rekomendasi dari KPK terhadap penyaluran BSU, perlu dilakukan pemadanan data dengan data wajib pajak.


Proses itu juga merupakan bagian dari evaluasi penyaluran BSU agar tepat sasaran.


"Kami mendapat rekomendasi dari KPK bahwa diperlukan adanya pemadanan data penerima BSU dengan data pajak yang ada di Direktorat Jenderal Pajak (DJP)," ungkap Ida.


"Oleh sebab itu, setelah pembayaran termin I selesai sekitar dua minggu lalu, Kemnaker bersama BPJS Ketenagakerjaan saling berkoordinasi dengan DJP untuk melakukan pemadanan data."


"Alhamdulillah hasil nya sudah kami terima hari Jumat lalu dan dapat kami jadikan dasar untuk proses pembayaran termin II hari ini," ujar Ida lagi.


Ia memastikan bahwa bagi pekerja yang sudah memenuhi syarat menerima subsidi gaji Rp 600.000 per bulan, maka pencairan BLT akan tetap dilanjutkan sesuai prosedur.


Demikian berita dan informasi terbaru mengenai Kenapa BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan Gelombang 2 atau Tahap 2 Belum Masuk Rekening ? , Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan semua yang sedangb bertanya mengapa dana BLT Subsidi Gaji BPJS nya tidak kunjung cair.