KENAPA NIK KTP Tidak Terdaftar di eform.bri.co.id/bpum? Ini Penyebab dan Cara Dapat BLT Banpres UMKM BPUM -->

KENAPA NIK KTP Tidak Terdaftar di eform.bri.co.id/bpum? Ini Penyebab dan Cara Dapat BLT Banpres UMKM BPUM

Senin, 30 November 2020

Belajardirumah.org -  Banyak dari rekan-rekan yang mengalami dan mulai bertanya Kenapa NIK KTP tidak terdaftar di eform.bri.co.id/bpum? untuk itu admin sudah rangkum jawabannya dibawah ini. Untuk NIK KTP yang tidak terdaftar di eform BRI dikarenakan beberapa penyebab. Meski demikian, pelaku usaha mikro masih bisa dapat bantuan BLT Banpres UMKM atau BPUM Rp2,4 juta.


Pelaku UMKM yang baru mendaftar BLT Banpres UMKM mohon bersabar karena pendaftaran BPUM ini baru akan ditutup hari ini, Senin 30 November 2020.


NIK KTP tidak terdaftar di eform.bri.co.id/bpum karena pendaftaran sedang diproses. Pencairan bantuan tahap 2 akan dilakukan hingga bulan Desember 2020 nanti.


Pelaku yang belum daftar sebaiknya datang ke kantor dinas koperasi dan UMKM maksimal hari ini. 


Pelaku UMKM yang memenuhi syarat dan berhak dapat Banpres usaha mikro (BPUM) ini akan mendapatkan SMS dari bank penyalur (BRI, BNI, dan Bank Syariah Mandiri).


Pelaku UMKM yang bantuannya disalurkan oleh bank BRI bisa konfirmasi nama penerima di formulir online (eform) di link eform.bri.co.id/bpum menggunakan NIK KTP.


Jika nomor eKTP terdaftar sebagai penerima BPUM maka bisa segera mencairkan bantuannya ke bank BRI terdekat.


Besarnya bantuan yang akan didapatkan sebesar Rp2,4 juta tanpa potongan biaya dan tidak bisa diwakilkan saat pencairan.


Pelaku UMKM yang belum dapat bantuan ini masih bisa daftar secara langsung dengan cara datang ke kantor lembaga pengusul karena pendaftaran online sudah ditiadakan secara nasional.


Pendaftaran online di beberapa daerah merupakan kewenangan masing-masing pemda dan akan ditutup begitu kuota sudah terpenuhi.


Adapun syarat penerima bantuan ini adalah WNI pelaku usaha mikro yang tidak sedang menerima pinjaman dari bank dan bukan anggota TNI, POLRI, ASN, dan pegawai BUMN/BUMD.


Pendaftaran bisa dilakukan di kantor Dinas Koperasi dan UKM pemerintah daerah, atau lembaga pengusul yang ditunjuk pemerintah berikut ini:


  1. Dinas yang yang membidangi Koperasi dan UKM
  2. Koperasi yang telah disahkan sebagai Badan Hukum
  3. Kementerian/Lembaga
  4. Perbankan dan perusahaan pembayaran yang terdaftar di OJK.

Pelaku UMKM yang memenuhi syarat kemudian akan dapat SMS notifikasi tentang BPUM dari BRI INFO.


Kemudian bisa cek atau konfirmasi, seperti di bank BRI melalui formulir online di eform.bri.co.id/bpum menggunakan NIK KTP dengan cara berikut:


  • Buka browser atau aplikasi internet di hp, kemudian masuk ke alamat eform.bri.co.id/bpum
  • Masukkan nomor identitas KTP atau NIK
  • Masukkan kode verifikasi yang tertera,
  • Kemudian klik Proses Inquiry
  • Lalu akan muncul informasi status pendaftaran BLT Banpres UMKM atau BPUM ini.


Namun, tidak semua usaha bisa disebut sebagai usaha mikro. Hanya usaha mikro yang bisa dapat bantuan Rp2,4 juta sekali cair ini. Berdasarkan UU No 20 tahun 2008, berikut kriteria yang termasuk golongan usaha mikro:


  • Memiliki kekayaan paling banyak Rp50 juta tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha: atau
  • Memiliki penghasilan penjualan tahunan paling banyak Rp300 juta
  • Selain persyaratan di atas tidak boleh mendapatkan banpres Produktif usahan mikro.


Demikian informasi yang dapat belajardirumah.org mengenai NIK KTP Tidak Terdaftar di eform.bri.co.id/bpum? Ini Penyebab dan Cara Dapat BLT Banpres UMKM BPUM. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan semua yang berada diseluruh Indonesia.***