MAU Dapat BST Rp 500 Ribu Per KK Non PKH Dari Kemensos? Segera Daftar dan Penuhi Syarat Ini Agar LOLOS

Advertisement

MAU Dapat BST Rp 500 Ribu Per KK Non PKH Dari Kemensos? Segera Daftar dan Penuhi Syarat Ini Agar LOLOS

Senin, 09 November 2020

Belajardirumah.org -      Kementerian Sosial (Kemensos) telah memberikan bantuan sosial tunai (BST) selama pandemi. Lalu bagaimana syarat untuk mendaftar bansos BST Rp500 Ribu Per KK non PKH?


Ke Mensos menganggarkan Rp4,5 triliun untuk 9 juta keluarga non-PKH untuk menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar masing-masing Rp500 ribu per KK


Bantuan Sosial Tunai akan disalurkan kepada warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak Covid-19 dan terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) melalui Pos Indonesia, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Berikut syaratnya:


• Kehilangan mata pencaharian di masa pandemi Covid-19.


• Telah terdaftar oleh RT/RT dan berada di Desa


• Tidak terdaftar sebagai bantuan sosial lain dari pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Kartu Prakerja.


• Melaporkan diri ke aparat desa jika tidak mendapatkan bansos program lain dan belum terdaftar oleh RT/RW.


• Jika calon penerima memenuhi syarat, tetapi tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Penduduk (KTP), tetap bisa mendapat bantuan tanpa harus membuat KTP lebih dulu. Tapi, penerima harus berdomisili di desa tersebut dan menulis alamat lengkapnya.


Anda dapat mengecek nama penerima bantuan ini dapat melalui website di www.cekbansos.siks.kemsos.go.id  atau aplikasi SIKS-Dataku. Berikut langkah-langkah mengecek penerima bansos BST.


  1. Buka website https://dtks.kemensos.go.id/
  2. Pilih nomor identitas yang akan di cek
  3. Isikan nomor identitas yang telah dipilih
  4. Isikan nama lengkap sesuai kartu identitas
  5. Masukkan kata atau karakter yang muncul di kolom CAPTCHA
  6. Klik “Cari” selanjutnya data yang anda cari akan muncul

Bagi masyarakat yang belum pernah mendapatkan bansos BST PKH  maupun Non-PKH maupun mengalami kendala dalam pencairan bantuan ini dapat melaporkan melalui email bansoscovid19@kemsos.go.id atau melalui nomor Whatsapp 0811 10 222 10 dengan format: Nama engkap (spasi) Nomor KTP (spasi) Alamat lengkap (spasi) aduan.


Demikian informasi yang dapat belajardirumah berikan mengenai Cara Mudah Daftar dan Dapat BST Rp 500 Ribu Non PKS Dari Kemensos, Semoga ada manfaatnya untuk rekan-rekan yang sedang mencari informasi seputar bantuan langsung tunai dari pemerintah. ***