MOHON Maaf, Karyawan Dengan 7 Rekening Ini Belum Bisa Cair BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 4, Selengkapnya Cek Di LINK Ini

Advertisement

MOHON Maaf, Karyawan Dengan 7 Rekening Ini Belum Bisa Cair BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 4, Selengkapnya Cek Di LINK Ini

Minggu, 22 November 2020

Belajardirumah.org - Alhamdulillah kabar gembira untuk para karyawan, BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap 4 gelombang 2 sudah dicairkan. Namun sayangnya pekerja dengan 7 rekening bermasalah belum bisa dapat bantuan. Apa Saja? Simak selengkapnya dibawah ini.


Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) diketahui telah menyalurkan dana BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap 4 gelombang 2 mulai Jumat, 20 November 2020 lalu.


Total penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap 4 gelombang 2 atau subsidi upah tersebut ada sebanyak 2,44 juta pekerja.


Namun rupanya, dalam penyaluran bantuan subsidi upah tersebut sempat menjumpai kendala lantaran adanya rekening bermasalah milik pekerja.


Perlu diketahui, salah satu syarat agar BLT BPJS Ketenagakerjaan bisa cair yakni terkait persoalan rekening. Aturan syarat tersebut bahkan sudah dimuat di dalam Permenaker Nomor 14 Tahun 2020.


Berikut ini syarat lengkapnya penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan gelombang 2:


1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK)

2. Terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS - Ketenagakerjaan yang dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan,

3. Peserta yang membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp 5 juta sesuai upah yang di laporkan kepada BPJSKetenagakerjaan,

4. Pekerja/buruh penerima upah,

5. Memiliki rekening bank yang aktif,

6. Peserta yang terdaftar sebagai peserta aktif di BPJSKetenagakerjaan sampai dengan bulan Juni 2020


Secara teknis, penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan gelombang 2 tahap 4 sama seperti tahap sebelumnya.


Dimana pekerja akan mendapat transfer dana senilai Rp 1,2 juta yang dicairkan dari bank penyalur langsung ke rekening masing-masing pekerja.


Untuk itulah, keberadaan rekening aktif sangat diperlukan untuk penyaluran dana BLT subsidi gaji bagi pekerja.


Lalu rekening apa yang dimaksud oleh Kemnaker yang tidak bisa dapat BLT BPJS Ketenagakerjaan? Rekening yang tidak bisa dapat dana subsidi gaji ialah rekening yang bermasalah.


Hal itu juga pernah diungkapkan oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah beberapa waktu lalu. Dimana ada sebanyak 151 ribu rekening bermasalah.


"Terdapat rekening yang tidak sesuai NIK dan rekening yang tidak terdaftar di kliring. Jumlahnya rekening bermasalah ini mencapai 151 ribu rekening,” jelas Menaker Ida dikutip pada Kamis, 12 November 2020 pekan lalu seperti dikutip KabarJoglosemar.com dari laman Kemnaker.


7 rekening bermasalah yang tidak bisa dapat BLT BPJS Ketenagakerjaan diantaranya adalah sebagai berikut:


1. Duplikasi rekening

2. Rekening sudah tutup

3. Rekening pasif

4. Rekening tidak valid

5. Rekening yang telah dibekukan

6. Rekening tidak sesuai NIK

7. Rekening kliring


Karena itulah Menaker berharap masyarakat berhak mendapat subsidi upah namun masih terkendala, untuk segera berkomunikasi dengan manajemen perusahaan dan BPJS Ketenagakerjaan agar datanya dapat diperbaiki.


“Karena sumber datanya dari BPJS Ketenagakerjaan sehingga penyelesaian data ini harus dikoordinasikan dengan mereka juga. Barulah nanti BPJS Ketenagakerjaan akan menyampaikan koreksi kepada Kemnaker,” papar Menaker.


Berdasarkan laporan sementara sampai hari ini pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan atau subsidi upah itu ada sebanyak 10,48 juta penerima.


Demikian informasi yang dapat belajardirumah.org berikan mengenai 7 Rekening Ini Belum Bisa Dapat BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap empat (4), Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan semua yang sedang menunggu pencairan BLT BPJS Tahap empat. Sekian dan terima kasih atas kunjungan rekan-rekan semua.***