NIK KTP Tidak Muncul di eform bri? Begini Cara Agar Tetap Dapat BLT UMKM Rp2,4 Juta BPUM BRI

NIK KTP Tidak Muncul di eform bri? Begini Cara Agar Tetap Dapat BLT UMKM Rp2,4 Juta BPUM BRI

Jumat, 27 November 2020

Belajardirumah.org - Penting untuk diketahui oleh saudara-saudara semua,  Pendaftaran BLT Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) sebesar Rp2,4 juta untuk para pelaku UMKM masih dibuka sampai akhir bulan ini. Lalu bagaimana solusi jika NIK KTP tidak muncul atau terdaftar di eform.bri.co.id/bpum? Simak jawabannya dibawah ini.


Penerima bantuan yang telah mendapatkan SMS dari BRI INFO ataupun mengakses link di eform.bri.co.id lalu di cek dengan menggunakan NIK KTP.


Apabila NIK KTP terdaftar, maka bisa langsung datang ke kantor BRI terdekat untuk segera proses pencairan bantuan.


Sedangkan untuk para pelaku UMKM yang belum terdaftar dalam eform BRI, masih ada peluang untuk mendapatkan bantuan tersebut.


Tentunya dengan memenuhi persyaratan administrasi dan juga mendatangi kantor lembaga atau dinas terkait yang membidangi Koperasi dan UKM.


Pelaku usaha mikro juga harus mendapatkan rekomendasi atau usulan dari salah satu lembaga pengusul diantaranya adalah Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM, Koperasi Berbadan Hukum, Kementerian atau lembaga, dan Perbankan atau perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK


Gelombang kedua bantuan BLT BPUM UMKM menargetkan sasaran yakni 3 juta pelaku usaha mikro atau UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.


Penyaluran gelombang kedua diselenggarakan setelah selesainya penyaluran gelombang pertama kepada sekitar 9 juta UMKM dan mencatatkan jumlah sekitar 12 juta UMKM yang akan memperoleh bantuan ini.


Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan bantuan ini, dilansir Berita DIY dari laman FAQ Kementerian Koperasi dan UMKM, adalah:


  1. WNI
  2. Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Mememiliki usaha mikro
  4. Bukan ASN, TNI/Polri serta Pegawai BUMN/BUMD
  5. Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR
  6. Bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Penutupan pendaftaran bantuan BLT BPUM UMKM Rp 2,4 juta berdasarkan keterangan Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman akan ditutup pada akhir November 2020 ini.


Bagi pelaku usaha mikro yang belum memiliki rekening bank tidak perlu khawatir dan cemas karena memiliki rekening bank bukan menjadi salah persyaratan untuk mendapatkan Banpres Produktif UMKM  Rp 2,4 juta.


Pelaku usaha mikro yang belum memiliki rekening akan dibuatkan oleh bank penyalur baik BNI, BRI, maupun Bank Syariah Mandiri dengan mendatangi kantor bank terdekat setelah mendapatkan SMS notifikasi dan membawa kartu identitas.


Demikian informasi terkini dari belajardirumah.org mengenai NIK KTP Tidak Muncul di Ada Yang Sudah Lihateform.bri.co.id/bpum? Ini Cara Agar Tetap Dapat BLT UMKM Rp2,4 Juta BPUM BRI. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan semua yang sedang bingung kenapa NIK KTP tidak terdaftar di BPUM BRI. Sekian dan terima kasih atas kunjungan rekan-rekan semua.***