NIK KTP Tidak Terdaftar di BPUM BRI Tetap Bisa Dapat BLT UMKM, Ini Cara Lengkap Daftar Banpres BPUM Sampai Cair

NIK KTP Tidak Terdaftar di BPUM BRI Tetap Bisa Dapat BLT UMKM, Ini Cara Lengkap Daftar Banpres BPUM Sampai Cair

Selasa, 17 November 2020

Belajardirumah.org - Berikut informasi terbaru mengenai BPUM BRI, Pelaku UMKM yang NIK KTP tidak terdaftar di eform.bri.co.id/bpum masih bisa dapat bantuan BLT Bapres BPUM Rp 2,4 juta dengan cara daftar maksimal akhir bulan November 2020 ini. Cek Cara daftar dan syarat ajukan di bawah ini, baca sampai habis agar tidak ada informasi yang ketinggalan.


Pelaku UMKM yang sudah mendaftar, memenuhi syarat, dan mendapatkan SMS notifikasi dari BRI INFO bisa konfirmasi nama penerima di link formulir online (eform) di atas menggunakan NIK KTP.


Pendaftaran bantuan ini akan ditutup hingga kuota terpanuhi. Pendaftaran yang semula bisa dilakukan secara online secara nasional kini dilakukan di tiap-tiap daerah kantor lembaga pengusul, baik secara langsung maupun secara online.


Semula kuota yang disediakan hanya 9 juta penerima danmulai cair sejak bulan lalu. Namun kemudian ditambah lagi 3 juta pelaku dan mulai dicairkan hingga Desember 2020.


Pelaku UMKM yang alamat atau lokasi usahanya berbeda dengan domisili yang tertera di KTP masih bisa daftar di kantor Dinas Koperasi dan UMKM tempat tinggal saat ini dengan membawa Surat Keterangan Usaha (SKU).


Menurut Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachma, beberapa daerah akan digenjot penyerapannya agar bisa disalurkan lebih banyak.


Beberapa daerah dengan seapan rendah yang kemudian akan diprioritaskan mendapatkan bantuan ini ada di luar Pulau Jawa seperti Maluku, Kalimantan, hingga NTT.


Masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan ini sebaiknya segera cepat mendaftarkan atau mengajukan diri ke Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UKM) Kabupaten/Kota di wilayah masing-masing.


Adapun syarat bagi pelaku UMKM yang berhak menerima bantuan UMKM Rp2,4 juta ini adalah:


  • WNI
  • Mempunyai Nomir Induk Kependudukan (NIK)
  • Mememiliki usaha mikro
  • Bukan ASN, TNI/Polri serta Pegawai BUMN/BUMD
  • Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR
  • Bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Pelaku UMKM yang ingin dapat bantuan ini bisa menyiapkan data seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, alamat tempat tinggal sesuai KTP, bidang usaha, dan nomor telefon aktif yang dapat dihubungi.


Pelaku UMKM yang ingin dapat bantuan ini bisa daftar dengan cara datang ke kantor lembaga pengusul berikut:


  • Dinas yang yang membidangi Koperasi dan UKM
  • Koperasi yang telah disahkan sebagai Badan Hukum
  • Kementerian/Lembaga
  • Perbankan dan perusahaan pembayaran yang terdaftar di OJK.

Meski demikian, tidak semua usaha bisa disebut sebagai usaha mikro. Hanya usaha mikro yang bisa dapat bantuan Rp2,4 juta sekali cair ini. Berdasarkan UU No 20 tahun 2008, berikut kriteria yang termasuk golongan usaha mikro:


  1. Memiliki kekayaan paling banyak Rp50 juta tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha: atau
  2. Memiliki penghasilan penjualan tahunan paling banyak Rp300 juta
  3. Selain persyaratan di atas tidak boleh mendapatkan banpres Produktif usahan mikro


Pelaku UMKM yang memenuhi syarat dan layak dapat bantuan ini akan dapat SMS notifikasi dari bank penyalur untuk mencairkan bantuannya.


PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) memberikan layanan cek online daftar penerima bantuan BLT Banpres UMKM atau BPUM di efom melalui link eform.bri.co.id/bpum menggunakan NIK KTP.


Setelah namanya terkonfirmasi di eform tersebut, pelaku UMKM bisa mencairkan bantuannya di kantor bank penyalur terdekat.


Bantuan sebesar Rp2,4 juta ini diberikan secara gratis dan tidak ada potongan biaya saat pencairan di kantor bank penyalur terdekat.


Demikian informasi yang dapat admin belajardirumah.org mengenai NIK KTP Tidak Terdaftar di BPUM BRI eform.bri.co.id/bpum Tetap Bisa Dapat BLT UMKM, Ini Cara Lengkap Daftar Banpres BPUM Sampai Cair. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua yang kesulitan daftar karena NIK KTP Tidak terdaftar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. ***