RESMI Cair ! BLT BSU Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan Tahap 2 , BURUAN Cek Nama Penerima dan Rekening Disini

RESMI Cair ! BLT BSU Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan Tahap 2 , BURUAN Cek Nama Penerima dan Rekening Disini

Jumat, 13 November 2020

Belajardirumah.org -  Bantuan BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan gelombang 2 batch 1 sudah dicairkan ke rekening karyawan. Pemerintah lewat Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) telah mulai mentransfer subsidi gaji BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan Gelombang 2 batch 1 kepada 2,1 juta pekerja pada pekan kedua di bulan November ini.


Pada penyaluran BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan Gelombang 2 ini Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menyampaikan informasi terbaru terkait ada sinkronisasi data setelah Kementerian Ketenagakerjaan berkoordinasi dengan KPK.


Salah satunya adalah mengenai pekerja yang memiliki gaji lebih dari Rp 5 juta namun tetap mendapatkan BLT BPJS Ketenagakerjaan Gelombang 2, Ida mengatakan, sesuai aturan Permenaker penerima BSU seharusnya hanya yang upahnya di bawah Rp5 juta.


"Data penerimanya yang dipadankan wajib pajak sudah kami terima kemarin, Jumat. Tapi karena sudah sore, kami masih berkonsultasi lebih lanjut dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)," katanya.


Sementara, untuk mengecek penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan Gelombang 2 Anda bisa langsung mengakses website kemnaker di www.kemnaker.go.id. Dan melalui melalui situs bsu.bpjamsostek.id. cara ini khusus bagi pekerja yang menerima pesan singkat (SMS) dari BP Jamsostek.


Meski demikian, karyawan yang belum ditransfer BLT Subsidi Gaji gelombang 2 di batch 1 ini tidak perlu khawatir karena Kemnaker terus mengebut pencairan bantuan ini, Kemnaker juga berjanji akan mengusahakan pencairan batch 2 secepatnya.


"Kami upayakan dalam satu minggu bisa diproses 2 tahap (batch) langsung, sehingga dapat segera diterima teman-teman pekerja/buruh untuk membantu daya beli dan konsumsi masyarakat," kata Menaker Ida.


“Kita pastikan termin II BSU sudah cair hari ini. Siang adi saya dapat laporan bahwa data penerima BSU tahap 1 sebanyak 2.180.382 orang sudah diproses ke KPPN" tambah Ida Fauziyah.


Selanjutnya dana BLT BPJS Ketenagakerjaan Gelombang 2 akan ditransfer ke Bank Penyalur dan dicairkan ke masing-masing rekening penerima baik rekening Himbara maupun non-Himbara sama dengan mekanisme termin pertama.


Sebagai informasi, sesuai Permenaker No. 14 tahun 2020, hanya karyawan yang memenuhi syarat berikut yang akan dapat bantuan BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan gelombang 2 ini:


  1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. Terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan yang dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan,
  3. Peserta yang membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp 5 juta sesuai upah yang di laporkan kepada BPJSKetenagakerjaan.

Oleh karena itu, pekerja sebaiknya cek namanya apakah menerima BLT Subsidi Gaji BPJS tersebut atau tidak, dengan cara berikut ini:


  1. Buka website resmi Kementerian Ketenagakerjaan di link kemnaker.go.id
  2. Pada pojok kanan atas, klik Daftar
  3. Jika belum memiliki akun, klik Daftar Sekarang yang terdapat pada bagian bawah kolom masuk
  4. Mulai isi data diri, masukkan NIK, Nama Orang Tua, Email, Nomor HP, Password, kemudian klik Daftar Sekarang
  5. Apabila sudah selesai, sistem akan mengirimkan kode OT melalui SMS ke nomor HP pendaftar
  6. Lakukan aktivasi akun, masuk kembali ke website, dan klik Masuk pada bagian pojok kanan atas website
  7. Lanjutkan pengisian formulir dengan lengkap
  8. Setelah lengkap, akan muncul status pemberitahuan pada dashboard, apakah pendaftar masuk dalam daftar penerima bantuan BLT Subsidi Gaji yang diusulkan BPJS Ketenagakerjaan ke Kemnaker atau tidak.

Selain itu Anda juga bisa mengecek pencairan dana dan daftar penerima BPJS Ketenagakerjaan Gelombang 2 melalui SMS dan nomor WA ini.


- ketik dengan format DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor KTP#Nama#Tanggal lahir# Nomor Peserta lalu kirim ke 2757

- untuk mengetik tanggal lahir digunakan fotmat dd-mm-yy (hari-bulan-tahun)


Demikian informasi yang dapat admin berikan mengenai BLT BSU Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan Tahap 2 yang Resmi Cair, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terima kasih atas kunjungan rekan-rekan semua. ***