RESMI Sudah ! BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 5 Sudah Cair Ke Rekening Mandiri, BRI, BNI, CIMB Niaga, BCA, Cek Penerima Di LINK Ini -->

RESMI Sudah ! BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 5 Sudah Cair Ke Rekening Mandiri, BRI, BNI, CIMB Niaga, BCA, Cek Penerima Di LINK Ini

Selasa, 24 November 2020

Belajardirumah.org - Alhamdulillah kabar gembira untuk seluruh karyawan atau pekerja semua, BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan Tahap lima sudah cair ke rekening karyawan, begini cara cek rekening Anda untuk pencairan dana bantuan. Simak selengkapnya dibawah ini ya


Secara resmi, Kementrian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah mencairkan BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan termin 2 tahap 5 kepada para karyawan.


Sebelumnya, pada Jumat 20 November 2020 BLT Subsidi Gaji termin 2 tahap 4 telah cair kepada 2,44 juta karyawan untuk periode November-Desember 2020.


Hanya selang 4 hari BLT Subsidi Gaji termin 2 tahap 4 telah cair, tercatat tahap 5 akan cair pada 1,9 juta karyawan.


Lewat twitter resmi Kemnaker @KemnakerRI, mengumumkan pencairan dana bantuan.


“Bantuan pemerintah berupa subsidi gaji atau upah termin 2 untuk tahap 5 sudah mulai disalurkan. Yuk Rekanaker, segera cek rekeningmu,” tulis Kemnaker dalam keterangan Selasa, 24 November 2020.


Kemnaker telah menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) termin kedua kepada 10,48 juta penerima atau 84,5 persen dari keseluruhan penerima yang mencapai 12,4 juta orang.


Sementara, rincian penyaluran termin kedua sejauh ini tercatat pada tahap I disalurkan kepada 2.180.382 orang, tahap II disalurkan kepada 2.713.434 orang, tahap III disalurkan kepada 3.149.031 orang dan tahap IV untuk 2.442.289 orang.


Bagi karyawan yang ingin mengecek kepastian mendapat bantuan ini di tahap 5 mendatang bisa cek nama mereka melalui akun kemnaker di www.kemnaker.go.id dengan langkah-langkah sebagai berikut:


  1. Buka website resmi Kementerian Ketenagakerjaan di kemnaker.go.id
  2. Klik tombol "Daftar" di pojok kanan atas website
  3. Klik "Daftar Sekarang" di bagian bawah kolom masuk jika belum mempunyai akun
  4. Isi data diri seperti NIK, Nama Orang Tua, Email, Nomor HP, dan Password, kemudian Klik "Daftar Sekarang"
  5. Kemudian, sistem akan mengirimkan kode OT via SMS ke nomor hp yang terdaftar
  6. Aktivasi akun dengan cara masuk kembali ke website dan klik "Masuk" di pojok kanan atas website.
  7. Isi formulir yang tersedia dengan lengkap dan jelas.

Setelah lengkap, akan muncul status pemberitahuan di dashboard apakah masuk dalam daftar penerima bantuan subsidi upah yang diusulkan dari BPJS Ketenagakerjaan ke Kemnaker atau tidak.


Jika sudah terdaftar Anda akan diberitahukan dengan tulisan: “Kamu telah terdaftar di BPJS Naker untuk diusulkan sebagai penerima bantuan. Mohon cek kembali kelengkapan data kamu ke perusahaan tempat kamu bekerja”.


Sedangkan untuk mengecek saldo pencairan bantuan pada rekening dan untuk memastikan rekening masih dalam keadaan aktif atau sesuai dengan nama pemilik anda dapat melakukan cara ini yaitu dengan mengunduh aplikasi BPJSTKU.


Aplikasi BPJSTKU Mobile ini adalah pengganti aplikasi lama BPJSTKU Mobile dapat Anda unduh melalui link https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/mobile.


Selain itu aplikasi BPJSTKU Mobile ini bisa Anda gunakan untuk mengecek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan secara online melalui Handphone.


Adapun untuk mengecek status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan nomor rekening yang terdaftar untuk pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan gelombang 2 bisa melalui situs https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.


Pastikan nomor rekening yang ada di akun BPJSTKU tersebut telah sesuai dengan nomor rekening anda. Apabila ada kekeliruan, segera hubungi pihak perusahaan tempat anda bekerja agar dikoreksi.


Bagi pekerja yang merasa berhak mendapatkan BSU tapi masih belum menerima, Menaker Ida mendorong agar segera melapor ke manajemen perusahaan dan BPJS Ketenagakerjaan. Hal itu dilakukan agar data pekerja yang kurang dapat diperbaiki.


"Karena sumber datanya dari BPJS Ketenagakerjaan sehingga penyelesaian data ini harus dikoordinasikan dengan mereka juga. Barulah nanti BPJS Ketenagakerjaan akan menyampaikan koreksi kepada Kemnaker," ujar Menaker Ida Fauziyah.


Demikian informasi terbaru dari belajardirumah.org mengenai BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 5 Sudah Cair Ke Rekening Mandiri, BRI, BNI, CIMB Niaga, BCA, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan karyawan semua.***