SESUAI Janji ! BLT BSU Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan Tahap 2 Mulai Cair Hari Ini , Ini Cara Cek Dapat Atau Tidak

Advertisement

SESUAI Janji ! BLT BSU Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan Tahap 2 Mulai Cair Hari Ini , Ini Cara Cek Dapat Atau Tidak

Jumat, 06 November 2020

Belajardirumah.org -    Sesuai janji Pemerintah, BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan Tahap atau Gelombang 2 sudah mulai cair. Hal itu diungkapkan oleh salah seorang penerima yang merupakan pekerja di Jakarta, Alfian. Menurut dia, BLT Subsidi Gaji sudah cair pada Jumat 6 November 2020.


"Punya saya sudah ditransfer, sudah masuk," ujarnya saat dihubungi Berita DIY, Jumat, 6 November 2020.


Adapun transfer BLT tersebut membuktikan pernyataan Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Budi Gunadi Sadikin, soal BLT Subsidi Gaji gelombang 2 ditransfer mulai pekan ini.



Sementara untuk BLT Subsidi Gaji termin pertama telah disalurkan 100 persen. Namun seperti termin pertama, transfer dilakukan tak dalam satu waktu. Oleh karenanya, masyarakat diminta untuk bersabar.


"Gelombang pertama sudah selesai disalurkan untuk 12,4 juta. Rencananya akhir minggu ini akan mulai lagi gelombang kedua, akan disalurkan bantuan subsidi gaji ke 12,4 juta penerima," ujar Budi Gunadi dalam virtual conference usai mengikuti ratas di Istana Negara, Rabu, 4 November 2020.


Penyaluran bantuan terhadap 12,4 juta pekerja itu akan dikebut sebagai salah satu langkah mengantisipasi dampak resesi ekonomi. Sebab, pertumbuhan ekonomi kuartal ketiga akan secara resmi diumumkan oleh Badan Pusat Statistik besok, Kamis, 5 November 2020.


Karyawan bisa cek namanya dapat atau tidak BLT subsidi gaji ini dengan cara berikut:


1. Buka website resmi Kementerian Ketenagakerjaan di www.kemnaker.go.id


2. Klik tombol "Daftar" di pojok kanan atas website


3. Klik "Daftar Sekarang" di bagian bawah kolom masuk jika belum mempunyai akun


4. Isi data diri seperti NIK, Nama Orang Tua, Email, Nomor HP, dan Password, kemudian Klik "Daftar Sekarang"


5. Setelah selesai, sistem akan mengirimkan kode OT via SMS ke nomor hp yang terdaftar


6. Lakukan aktivasi akun dengan cara masuk kembali ke website dan klik "Masuk" di pojok kanan atas website.


7. Kemudian isi formulir yang tersedia dengan lengkap


8. Setelah lengkap, akan muncul status pemberitahuan di dashboard apakah masuk dalam daftar penerima bantuan subsidi upah yang diusulkan dari BPJS Ketenagakerjaan ke Kemnaker atau tidak.


9. Jika namanya sudah terdaftar dalam sistem Kemnaker, namun belum mendapatkan bantuan subsidi gaji, bisa klik "Kirim Aduan" untuk mengadukan keluhannya.


Menaker Ida menuturkan subsidi gaji tersebut berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Pendanaan untuk subsidi gaji tersebut tidak bersumber dari uang para pekerja yang ada di BPJS Ketenagakerjaan.


"Sama sekali tidak menggunakan uang pekerja yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya.


Subsidi gaji ditujukan meningkatkan daya beli masyarakat di tengah tekanan pandemi COVID-19.


Syarat pekerja yang berhak memperoleh subsidi gaji adalah pekerja tersebut mendapat gaji di bawah Rp5 juta per bulan, dan terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan.


Namun demikian, dia menambahkan, sebanyak 152 ribu pekerja tidak jadi mendapat Rp 2,4 juta dari Bantuan Langsung Tunai (BLT) Subsidi Gaji. Artimya 152 ribu pekerja ini juga tak akan ditransfer BLT Subsidi Gaji gelombang 2.


Padahal sebenarnya 152 ribu pekerja ini masuk dalam daftar penerima BLT Subsidi Gaji. Sebelumnya Kemnaker melaporkan 12,4 juta akan mendapat BLT Subsidi Gaji.


Direktur Jenderal Kelembagaan dan Hubungan Industrial Kemnaker, Aswansyah, gagalnya penyaluran BLT Subsidi Gaji ke 152 ribu pekerja ini dikarenakan rekening tak valid.


"Rekening yang tidak dapat disalurkan sebanyak 152.220 rekening," bebernya dalam Webinar Forum Merdeka Barat.


Pekerja tersebut merupakan Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan, peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan, dan memiliki rekening bank yang aktif.


Pastikan rekening bank masih aktif saat pencairan. Sebab jika tidak, Kemnaker memastikan uang yang akan ditransfer bisa kembali ditarik.


Demikian berita dan informasi yang dapat admin berikan mengenai Cairnya BLT BSU Subsidi Gaji BPJS Gelombang 2 Hari Ini, Semoga ada manfaatnya untuk rekan-rekan yang sedang mencari informasi tersebut. ***