SIAPKAN KTP dan KK Dari Sekarang Untuk Daftar, Bisa Dapat Rp 3,5 Juta Karena BLT Ini Akan Diperpanjang Di 2021, Cek DISINI Cara Daftarnya

SIAPKAN KTP dan KK Dari Sekarang Untuk Daftar, Bisa Dapat Rp 3,5 Juta Karena BLT Ini Akan Diperpanjang Di 2021, Cek DISINI Cara Daftarnya

Sabtu, 21 November 2020

Belajardirumah.org - Untuk seluruh rekan-rekan semua,  Hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 11 telah diumumkan, namun jangan khawatir karena Kartu Prakerja Gelombang 12 masih akan dibuka. Pada Selasa, 10 November 2020 pengumuman seleksi Kartu Prakerja Gelombang 11 telah diberitahukan oleh pihak penyelenggara, tercatat sudah 380 ribu peserta yang lolos dari total hampir 4 juta pendaftar.


Program Kartu Prakerja yang sejatinya dikhususkan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau ingin meningkatkan keterampilannya. Lewat jalan digital melalui marketplace dipilih dalam pelatihan Kartu Pra Kerja untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih, dan memberi evaluasi.


Seperti diketahui, Pemerintah mengalokasikan Rp20 triliun untuk program Kartu Prakerja dalam anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional.


Setiap penerima mendapatkan total insentif Rp2,4 juta yang dibayar per bulan sebesar Rp600 ribu selama empat bulan setelah menyelesaikan pelatihan dan memberikan peringkat dan ulasan pelatihan.


Lalu apakah Kartu Prakerja Gelombang 11 jadi yang terakhir? Jika tidak, Kapan Kartu Prakerja Gelombang 12 dibuka? Berikut ini pernyataan dari penyelenggara.


Sebelumnya, berdasarkan pernyataan dari Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, pihaknya memang telah menutup pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11, namun belum bisa memastikan apakah pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11 akan menjadi pendaftaran yang terakhir pada tahun 2020 ini.


Disisi lain Denni memastikan bahwa program Kartu Prakerja tetap akan berlanjut hingga tahun 2021.


"Jadi Kartu Prakerja akan dilanjutkan di 2021 sehingga bagi para sobat Prakerja yang telah memasukkan data dan yang nantinya belum lolos sebagai penerima tahun ini jangan berkecil hati karena bisa mengikuti batch selanjutnya, batch 1 di 2021," ujar Denni, Selasa 3 November 2020 seperti dikutip dari Antara.


Hal yang membuat Denni belum bisa memastikan Kartu Prakerja Gelombang 11 adalah gelombang terakhir tahun ini karena sampai saat ini PMO belum mendapatkan arahan lebih jauh dari Komite Cipta Kerja.


Direktur Eksekutif PMO Program Kartu Prakerja Denni Purbasari menjelaskan, hanya ada 5,59 juta orang menerima surat keputusan (SK) penerima program dari jumlah itu, 5,2 juta orang telah membeli pelatihan dan sebanyak 4,94 juta peserta telah selesai minimal satu pelatihan.


Pada Gelombang 1-10, total pendaftar Kartu Prakerja mencapai 40 juta orang. Namun dari jumlah itu, 26 juta lolos verifikasi email.


Lalu 18 juta lolos verifikasi nomor telepon selular, dan dari jumlah itu mengerucut menjadi 5,59 juta orang menerima surat keputusan (SK) penerima program.


Denni mengatakan untuk masyarakat yang belum mendapatkan kesempatan untuk lolos sebagai peserta Kartu Prakerja di gelombang 11 bisa mendaftarkan diri tahun depan.


"Teman-teman bisa join batch selanjutnya di tahun depan, jadi join batch I di 2021. Datanya teman-teman sudah tersimpan di database, jadi tidak perlu mengulang, mengisi data-data dari awal," ucapnya.


Pendaftar yang sudah memasukkan data pun tinggal menunggu pembukaan gelombang berikutnya di tahun depan. Sebab data mereka sudah tersimpan di dalam data base PMO dan tidak perlu mengisi data seperti saat mendaftar pertama kali di situs www.prakerja.go.id.


Lebih lanjut, Head of Communications PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu menjelaskan bahwa Pendaftaran gelombang 11 merupakan gelombang tambahan.


Dikarenakan sudah tak ada kuota, Kartu Prakerja Gelombang 11 bisa jadi yang terakhir pada tahun ini.


"Gelombang 11 bisa jadi menjadi gelombang terakhir pada tahun ini," kata Louisa.


Untuk Kartu Prakerja Gelombang 12 bisa jadi diselenggarakan pada tahun depan.


Cara daftar Kartu Prakerja


Jika ingin mendaftar Kartu Prakerja gelombang 11 nanti, maka harus mengetahui dulu tata cara daftar agar berhasil lolos seleksi.


1. Masuk ke laman prakerja.go.id.


2. Masukkan nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi.


3. Cek email masuk dari Kartu Prakerja untuk aktivasi. Setelah itu, kembali ke laman prakerja.go.id.


4. Masukkan e-mail dan kata sandi yang baru dibuat.


5. Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir.


6. Klik tombol 'berikutnya.'


7. Isi data diri di form pengisian (nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, lalu klik 'berikutnya.'


8. Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS oleh pihak Prakerja.


9. Mengisi tes motivasi selama 1 menit.


10. Tunggu email pemberitahuan setelah tes selesai dikerjakan.


11. Jika sudah mendapat e-mail pemberitahuan, kembali ke laman prakerja.go.id, dan klik pada tulisan 'gabung ke gelombang 12' (jika sudah dibuka).


Demikian informasi terbaru yang dapat admin berikan mengenai Siapkan KTP dan KK Dari Sekarang Untuk Daftar, Bisa Dapat Rp 3,5 Juta Karena BLT Ini Akan Diperpanjang Di 2021, Cek DISINI Cara Daftarnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk teman-teman yang sedang mencari informasi Kapan Gelombang 12 kartu prakerja dibuka. ***