SIMAK ! Inilah Alasan Tak Dapat BLT UMKM, Cek Syarat BLT dan Cara Daftar Banpres ke Kantor Ini Agar BPUM Cair

SIMAK ! Inilah Alasan Tak Dapat BLT UMKM, Cek Syarat BLT dan Cara Daftar Banpres ke Kantor Ini Agar BPUM Cair

Kamis, 26 November 2020

Belajardirumah.org - Pengumuman penting untuk rekan-rekan semua bahwa Pendaftaran Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) rencananya ditutup pada akhir November 2020. Namun banyak yang belum paham terkait persyaratan dan cara lolos BPUM atau bantuan UMKM sebesar Rp 2,4 juta, sehingga banyak yang tidak dapat bantuan UMKM Ini, untuk itu admin akan bagikan alasan kenapa teman-teman tidak dapat/lolos BLT UMKM ini, Simak selengkapnya dibawah ini.


Harus diketahui, beberapa pelaku UMKM yang dijamin gagal jika mendaftar bantuan ini dikarenakan tidak memenuhi syarat yang ditetapkan.


Ada 6 golongan yang tidak berhak mendapatkan BPUM ini, mereka adalah ASN, anggota TNI, POLRI, pegawai BUMN/BUMD, dan pelaku UMKM yang sedang menerima kredit atau pembiayaan dari bank (KUR).


Sebagai informasi, bantuan ini hanya diberikan kepada pelaku UMKM yang belum pernah mendapatkan atau menerima bantuan peminjaman atau sejenisnya dari pihak perbankan (unbankable).


Sedangkan pelaku UMKM yang lokasi usahanya berbeda dengan alamat domisili di KTP masih berhak dapat bantuan ini dengan cara mendaftar dan melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).


Pelaku UMKM yang ingin daftar bantuan ini bisa menyiapkan beberapa data seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, alamat tempat tinggal sesuai KTP, bidang usaha, dan nomor telepon sebelum mendaftar.


Kemudian pendaftaran bisa dilakukan secera offline atau datang langsung ke beberapa lembaga pengusul berikut:


1. Dinas yang yang membidangi Koperasi dan UKM


2. Koperasi yang telah disahkan sebagai Badan Hukum


3. Kementerian/Lembaga


4. Perbankan dan perusahaan pembayaran yang terdaftar di OJK.


Setelah mendaftar, pelaku UMKM akan diverifikasi kelayakannya untuk mendapat bantuan ini. Jika berhak dan memenuhi syarat, pelaku UMKM akan mendapatkan SMS notifikasi dari bank penyalur.


Pendaftaran masih bisa dilakukan hingga kuota terpenuhi sampai akhir November 2020 dengan kuota yang semula 9 juta kini ditambah 3 juta penerima.


Demikian informasi dari belajardirumah.org berikan mengenai Beberapa alasan kenapa tak dapat atau lolos bantuan UMKM dan syarat car daftar banpres BPUM. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan semua yang sedang mencari informasi. Sekian dan terima kasih atas kunjungan teman-teman semua.***