TEMUI RT/RW Sekarang ! Daftar Diri Anda Untuk Dapatkan BLT/BST Rp 500 Ribu per KK Non PKH Dari Kemensos, Buruan Cek Nama Penerima DISINI

TEMUI RT/RW Sekarang ! Daftar Diri Anda Untuk Dapatkan BLT/BST Rp 500 Ribu per KK Non PKH Dari Kemensos, Buruan Cek Nama Penerima DISINI

Kamis, 12 November 2020

Belajardirumah.org - Kabar gembira untuk anda semua, Kementerian Sosial (Kemensos) tengah memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bansos Rp500 ribu per Kepala Keluarga (KK) non PKH. Berikut cara daftar dan syaratnya agar mendapatkan bansos tersebut.


Bantuan Sosial Non-PKH sebesar Rp500 ribu akan diberikan kepada 9 juta penerima yang bukan merupakan penerima non Program Keluarga Harapan (PKH). 


Bantuan Sosial Tunai ini akan disalurkan kepada warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak Covid-19 dan terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) melalui Pos Indonesia, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).


“Akan ada 9 juta keluarga yang menerima bantuan kali ini dan dengan jumlah stimulus atau bantuan tunai senilai Rp 500 ribu per KK dan diberikan sekali saja,” ujar Dirjen Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kementerian Sosial, Asep Sasa Purnama.


Program bantuan BLT Bansos Rp 500 ribu per kepala keluarga (KK) non PKH dapat dilakukan dengan cara dan persyaratan yang cukup mudah. 


Syarat utama untuk mendapatkan BLT ini adalah memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan bukan penerima Program Keluarga Harapan atau Non PKH.


Adapun cara membuat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sebagai berikut:


1. Mendatangi pemerintah daerah setempat seperti RT/RW untuk mendaftarkan diri sebagai peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).


2. Setelah mendaftar, calon KPM akan mendapatkan surat pemberitahuan berisi cara pendaftaran pada tempat yang sudah ditentukan.


Untuk mengetahui apakah Anda termasuk penerima BLT Bansos Rp500 ribu atau tidak dapat di cek langsung melalui laman cekbansos.siks.kemsos.go.id.


Di mana calon penerima perlu memasukkan ID Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), atau nomor Penerima Bantuan Iuran Peserta Jaminan Kesehatan atau peserta Kartu Indonesia Sehat (PBI JK/KIS), atau dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).


Untuk diketahui, dana bantuan tersebut telah dimulai pencairan dananya pada September lalu. Dalam pencairan dana tersebut pihak Kemensos akan mentransfer langsung ke nomor rekening pemegang Kartu Kesejahteraan Sosial.


Selain itu bagi penerima BLT Rp500 ribu dapat mencairkan dana tersebut melalui mesin ATM, kantor cabang, maupun E-warung.


Masyarakat yang ingin cek namanya bisa akses dtks.kemensos.go.id


Masyarakat yang belum pernah dapat bansos BST PKH maupun Non-PKH maupun mengalami kendala dalam pencairan bantuan ini bisa lapor melalui email bansoscovid19@kemsos.go.id.


Selain itu, aduan juga bisa dikirimkan melalui nomor WhatsApp 0811 10 222 10 dengan format: Nama Lengkap (spasi) Nomor KTP (spasi) Alamat lengkap (spasi) Aduan.


Selain itu, bansos lain dari Kemensos, Bantuan Sosial beras (BSB), sudah disalurkan 100 persen dan tepat waktu hingga 31 Oktober 2020 lalu dengan total 450.000 ton beras.


Dilansir dari laman resmi Kemensos, bantuan beras ini menyasar 10 juta keluarga KPM PKH dan mulai cair sejak September 2020 lalu.


Melalui BSB, setiap KPM PKH mendapatkan 15 kg beras medium dari Bulog setiap bulan selama tiga bulan (Agustus-Oktober 2020) dengan anggaran Rp4,5 triliun.


“Dengan bantuan ini, diharapkan KPM PKH yang sejatinya juga masyarakat dengan pendapatan rendah, bisa terbantu dalam memenuhi kebutuhan pokoknya selama pandemi,” Mensos Juliari Batubara saat pelepasan spanduk paket beras pengiriman terakhir dari Gudang Bulog Kaliwungu, Kabupaten Kendal, 3 November 2020 lalu.


Demikian informasi yang dapat admin berikan mengenai Cara Daftar BST Non PKH Rp 500 Ribu dan Cara Cek Nama Penerima BLT, Semoga informasi ini ada manfaatnya untuk rekan-rekan semua yang sedang mencari informasi mengenai bantuan langsung dari pemerintah. ***