YUK Cek Sekarang ! BLT BPJS Ketenagkerjaan Tahap 2 Sudah Cair ke Bank BRI, BTN, Mandiri dan Bank Swasta, Cek Nama Penerima Via SMS dan Aplikasi DISINI

YUK Cek Sekarang ! BLT BPJS Ketenagkerjaan Tahap 2 Sudah Cair ke Bank BRI, BTN, Mandiri dan Bank Swasta, Cek Nama Penerima Via SMS dan Aplikasi DISINI

Sabtu, 14 November 2020

Belajardirumah.org - Alhamdulillah kabar gembira datang dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) kembali mengumumkan penyaluran uang BLT BPJS Ketenagkerjaan gelombang 2 tahap 2 bagi 2,7 juta pekerja.


Uang BLT BPJS Ketenagkerjaan disalurkan ke rekening masing-masing penerima melalui bank Himbara (Bank BRI, BTN, Mandiri) dan juga bank swasta (BCA, Niaga, dan lainnya).


Namun, bagi pemilik bank swasta pencairan bantuan bagi pekerja bergaji di bawah Rp5 juta ini akan membutuhkan waktu lebih lama dibanding bank Himbara lantaran masalah manajemen internal bank.


Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, telah menyelesaikan pemeriksaan kelengkapan data yang diterima dari BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK).


Pada penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan gelombang 2 ini Menaker Ida Fauziyah menyampaikan terkait ada sinkronisasi data setelah Kementerian Ketenagakerjaan berkoordinasi dengan KPK.


"Data penerimanya yang dipadankan wajib pajak sudah kami terima kemarin, Jumat. Tapi karena sudah sore, kami masih berkonsultasi lebih lanjut dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)," katanya.


Meski demikian, karyawan yang belum ditransfer BLT gelombang 2 di batch 1 ini tidak perlu khawatir. Sebab Kemnaker terus mengebut pencairan bantuan ini, dan berjanji akan mengusahakan pencairan batch 2 secepatnya.


"Kami upayakan dalam satu minggu bisa diproses 2 tahap (batch) langsung, sehingga dapat segera diterima teman-teman pekerja/buruh untuk membantu daya beli dan konsumsi masyarakat," kata Menaker Ida.


Adapun terkait kriteria pekerja yang berhak menerima sudah diatur dalam Permenaker Nomor 14 Tahun 2020.


1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK);


2. Terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan yang dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan;


3. Peserta yang membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp 5 juta sesuai upah yang di laporkan kepada BPJS Ketenagakerjaan;


4.Pekerja/buruh penerima upah;


5. Memiliki rekening bank yang aktif;


6. Peserta yang terdaftar sebagai peserta aktif di BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan bulan Juni 2020.


Bagi Anda yang masih belum mengetahui bagaimana cara cek Kepesertaan, berikut Fixindonesia sajikan cara cek Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi yang belum mendapat BLT BPJS Ketenagakerjaan.


1. Menggunakan Aplikasi BPJSTKU


- Download dan install aplikasi BPJSTKU untuk android dan iOs

- Registrasi, masukan nomor KPJ, NIK e-KTP, tanggal lahir, dan nama

- login dengan nomor PIN yang didapat

- Pilih Kartu Digital unuk mengetahui status


2. Lewat situs BPJS Ketenagakerjaan


- Kunjungi https://bpjsketenagakerjaan.go.id

- masukan alamat email di kolom user

- masukan kata sandi

- pilih menu layanan


3. Melalui pesan pendek (SMS)


- ketik dengan format DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor KTP#Nama#Tanggal lahir# Nomor Peserta lalu kirim ke 2757

- untuk mengetik tanggal lahir digunakan fotmat dd-mm-yy (hari-bulan-tahun).


Nah demikian informasi terkini yang admin bisa berikan mengenai BLT BPJS Ketenagkerjaan Tahap 2 Sudah Cair ke Bank BRI, BTN, Mandiri dan Bank Swasta, Cek Nama Penerima Via SMS dan Aplikasi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua yang sedang menunggu Jadwal Cair BLT BPJS Gelombang 2 Tahun 2020. ***