ADA Gebrakan Baru! PNS Makin Sejahtera di 2021, Karena Dana Pensiun Besar dan Cicilan Rumah Diperpanjang

Advertisement

ADA Gebrakan Baru! PNS Makin Sejahtera di 2021, Karena Dana Pensiun Besar dan Cicilan Rumah Diperpanjang

Kamis, 17 Desember 2020

Belajardirumah.org - Kabar gembira untuk rekan-rekan semua, Peningkatan kesejahteraan aparatur sipil negara (ASN) baik PNS maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) menjadi target pemerintah di 2021.


Ada dua gebrakan baru yang akan dikeluarkan PT Taspen demi menopang kesejahteraannya.


Menurut Direktur Utama PT Taspen Antonius N.S Kosasih, dua program yang akan dikeluarkan itu adalah peningkatan nilai pensiun dan penyediaan perumahan.


Untuk kebijakan pertama yaitu peningkatan nilai pensiun, ASN akan diikutkan dalam PT Taspen Life, di mana iurannya dimulai dari Rp100 ribu per bulan.


"Dengan metode ini, ASN ketika pensiun akan menerima dana pensiun hampir sama dengan semasa aktif kerja. Selama ini kan antara gaji yang diterima ketika aktif bekerja dan saat pensiun perbedaannya sangat jauh," terang Kosasih saat memberikan paparan dalam rapat koordinasi kepegawaian besutan Badan Kepegawaian Negara (BKN)  virtual, Kamis (17/12).


Hal ini, lanjutnya, sering membuat ASN kecewa. Pasalnya, ASN biasa menerima gaji tinggi, tetapi ketika pensiun, nominalnya anjlok.


Dia mengatakan, PT Taspen sudah mengelola iuran pensiun ASN PNS selama 57 tahun dengan total value Rp270 triliun. Dia berharap dengan program baru dana pensiun di 2021, kesejahteraan ASN bisa meningkat.


Untuk program kedua berupa perumahan untuk ASN, Kosasih menyebutkan, merupakan terobosan yang baru kali pertama dilakukan PT Taspen selama 57 tahun menjadi pengelola dana pensiun ASN PNS.


Dalam program ini, seluruh ASN di Indonesia bisa mendapatkan fasilitas tersebut. Program ini sangat membantu ASN karena dari sisi uang muka, cicilannya sangat terjangkau.


"Program perumahan untuk ASN ini tersedia di seluruh Indonesia. Uang mukanya terjangkau, cicilan ringan. Bahkan, kami sedang memformulasikan ASN bisa menyicil rumahnya sampai pensiun," tuturnya.


Dia berharap dengan program perumahan ini akan membantu seluruh ASN yang belum memiliki tempat tinggal yang layak. (esy/jpnn)