Berikut Ini Tips Mengatasi Berbagai Masalah Saat Verval Ijazah S1/D4 Di INFO GTK Untuk Daftar PPPK 2021

Advertisement

Berikut Ini Tips Mengatasi Berbagai Masalah Saat Verval Ijazah S1/D4 Di INFO GTK Untuk Daftar PPPK 2021

Senin, 14 Desember 2020


Belajardirumah.org - Selamat datang rekan-rekan semua, kembali lagi bersama admin disini yang akan kembali akan membagikan beberapa permasalahan yang sering dihadapi rekan-rekan semua dan Tips cara Mengatasinya dalam Verifikasi Validasi (Verval) Ijazah di InfoGTK guna mengikuti pendaftaran PPPK 2021. Oke langsung saja rekan-rekan semua simak beberapa rangkuman permasalahan dan tips mengatasinya dibawah ini ya.


A. Bagaimana Jika NIM Terdiri Dari Huruf Dan Angka ?


Memang pada awalnya, Verval Ijazah hanya bisa di inputkan NIM dengan karakter angka, jadi tidak bisa dipadukan dengan karakter huruf. Tetapi karena adanya pengembangan aplikasi Verval Ijazah, sekarang sudah bisa dipadukan antara kedua karakter tersebut.


B. Bagaimana Jika Sudah Terlanjur Melakukan Verval Tetapi Datanya Salah?


Sampai saat ini belum ada petunjuk teknis mengenai hal tersebut, dan belum ada fasilitas untuk perubahan data hasil Verval Ijazah. Jadi sebaiknya cek dan pastikan terlebih dahulu datanya sebelum di klik Simpan.


C. Apakah Verval Ijazah Untuk GTT dan GTY?


Berdasarkan analisis penulis, dan berdasarkan dari Verval Ijazah milik beberapa teman, baik yang statusnya GTT ataupun GTY terdapat notikasi Verval. Jadi Verval Ijazah berlaku untuk semua.


D. Apakah Verval Ijazah Akan Berpengaruh Terhadap Tunjangan Profesi Guru (TPG) atau Sertifikasi?


Verval atau Verifikasi dan Validasi berfungsi untuk mencocokan data antara Dapodik dan data Ijazah di Perguruan Tinggi, jadi menurut penulis tidak ada hubungan antara Verval Ijazah dengan pencairan sertifikasi guru.


E. Bagaimana Jika Universitas Tidak Muncul? 


Pada awalnya memang hanya muncul Universitas Negeri, tetapi karena adanya pengembangan aplikasi, sekarang sudah muncul Universitas Swasta. Dan apabila Universitas masih belum muncul, silahkan lakukan Verval Ijazah di lain waktu.


F. Bagaimana Jika Tidak Ada Tombol Upload Ijazah?


Tidak semuanya muncul tombol Upload Ijazah, biasanya tombol tersebut akan muncul apabila ada suatu hal misalnya nama Universitas berganti ataupun nama Prodi berganti. Sehingga membutuhkan bukti fisik yaitu scan ijazah yang harus di unggah.


G. Bagaimana Jika Identitas PTK Salah?


Verval Ijazah merupakan gabungan dua sumber data yaitu data Dapodik dan Perguruan
Tinggi. Kalau identitas di Dapodik salah, maka cukup Memperbaiki Residu di VervalPTK. Tetapi
apabila data ijazah salah, maka silahkan berkomunikasi dengan Universitas yang
bersangkutan.


I. Bagaimana Jika Nomor Ijazah Salah atau Kosong?


Jika Nomor Ijazah salah atau kosong, coba cek keabsahan ijazah pada laman https://ijazah.kemdikbud.go.id/, dan cek di PD Dikti pada laman https://pddikti.kemdikbud.go.id/. Jika pada kedua laman tersebut datanya salah, silahkan berkomunikasi dengan Perguruan Tinggi untuk melakukan perbaikan data dengan membawa dokumen asli sebagai bukti fisik.


J. Mengapa Riwayat Mengajar Hanya Muncul Mulai Tahun 2013?


Karena mulai tahun 2013 adalah tahun pertama di publikasikan secara masal ke Satuan Pendidikan untuk digunakan. Jadi riwayat mengajar sebelum tahun tersebut tidak ditampilkan karena belum adanya integrasi database seperti saat ini


Demikian yang dapat belajardirumah.org berikan mengenai Tips Mengatasi Berbagai Masalah Saat Verval Ijazah S1/D4 Di INFO GTK Untuk Daftar PPPK 2021, Semoga ada manfaatnya untuk rekan-rekan semua, dan sekian dan terima kasih sudah berkunjung di laman belajardirumah. ***