BISA Daftar Online Bantuan Terbaru Pemerintah Rp 1 Juta untuk SD SMP dan SMA, Segera Cek Nama Penerima DISINI dan Prosedur Aktivasi KIP

BISA Daftar Online Bantuan Terbaru Pemerintah Rp 1 Juta untuk SD SMP dan SMA, Segera Cek Nama Penerima DISINI dan Prosedur Aktivasi KIP

Minggu, 20 Desember 2020

Belajardirumah.org - Untuk rekan-rekan semua begini Cara daftar Program Indonesia Pintar (PIP) SD, SMP, dan SMA supaya dapat bantuan hingga Rp1 Juta dari Kemendikbud terdapat dalam artikel ini. Serta bisa disimak cara mendapatkan bantuan PIP dari Kemendikbud dengan harus aktivasi Kartu Indonesia Pintar (KIP). 


Dafar PIP Kemendikbud tingkat SD hingga SMA diberikan kepada siswa untuk meningkatkan taraf pendidikan. Siswa dapat memanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sekolah atau sebagai uang saku.


Rincian besaran bantuan masing-masing jenjang yaitu sebagai berikut. 


1. Siswa SD/MI/Paket A mendapatkan Rp450.000,-/tahun


2. Siswa SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp750.000,-/tahun


3. Siswa SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp1.000.000,-/tahun


Siswa yang mendapatkan bantuan PIP Kemendikbud terlebih dahulu mengecek datanya. Caranya dengan mengakses laman resmi PIP Kemendibud dan langkah-langkah di bawah ini. 


1. Buka laman resmi PIP di alamat https://pip.kemdikbud.go.id


2. Klik 'Cek Penerima PIP'


3. Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) Tanggal Lahir dan Nama Ibu Kandung siswa, untuk orang tua siswa bisa meminta ke siswa berapa NISN dari anaknya.


4. Klik 'Cek Data'. Maka akan muncul nama anak, nama sekolah, tempat tinggal dan bank penyalur


Bila nama siswa telah terdaftar beserta data lengkapnya di lama PIP Kemendikbud, maka lanjut ke prosedur berikutnya. 


Cara daftar PIP SD, SMP, SMA Kemendikbud


1. Siswa mengaktivasi KIP


Bantuan PIP Kemendikbud akan diberikan pada mereka yang memiliki KIP. Maka, siswa harus mengaktfikan kartunya lebih dulu.


Caranya, siswa datang ke sekolah masing-masing. Lalu, menghadap ke bagian TU atau yang bertugas mengurusi Data Pokok Pendidikan (Dapodik).


2. Sekolah mencatat informasi KIP ke dapodik


Aktivasi KIP dimulai dari pengisian data siswa ke dapodik. Sekolah memasukkan informasi anak ke dalam dapodik sebagai calon penerima manfaat PIP yang diajukan ke Kemdikbud.


3. Kemendikbud melakukan verifikasi pada data siswa.


Berikutnya, supaya KIP dapat aktif, maka Kemendikbud melakukan verifikasi data sesuai server dapodik di pusat. Lalu, menerbitkan Surat Keputusan (SK) Penetapan Penerima manfaat PIP dan mengirimkan daftar penerima tersebut ke bank penyalur yang ditunjuk.


4. Dinas pendidikan mengirimkan surat pemberitahuan


Setelah data terverifikasi oleh Kemendikbud, maka yang lolos sebagai penerima bantuan PIP Kemendikbud akan diumumkan melalui surat pemberitahuan.


Surat ini dikirim oleh Dinas Pendidikan sempat ke sekolah. Kemudian disampaikan ke siswa pemilik KIP.


5. Siswa mencairkan dana bantuan PIP Kemendikbud


Langkah selanjutnya, siswa yang mendapatkan bantuan PIP Kemendikbud mencairkan nya di bank penyalur. Jangan lupa perhatikan waktu dan lokasi pengambilan yang diinformasikan oleh sekolah.


6. Siswa dan orang tua mengambil uang di bank


Setelah mengetahui jadwal pencairan dan lokasinya, maka saatnya mencairkan. Persyaratan yang harus dibawa oleh siswa dan orang tua yaitu Surat Pemberitahuan atau Daftar Penerima manfaat PIP.


Cara daftar bantuan PIP Kemendikbud secara online di atas dapat disesuaikan kembali dengan prosedur masing-masing sekolah. Supaya siswa dapat segera menerima manfaat PIP untuk memenuhi kebutuhan sekolah dan menunjang kompetensi siswa. 


Demikian informasi yang dapat belajardirumah.org berikan mengenai Daftar Online Bantuan Terbaru Pemerintah Rp 1 Juta untuk SD SMP dan SMA, Segera Cek Nama Penerima, Semoga ada manfaatnya untuk rekan-rekan semua. ***