Bocoran Waktu Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12, Peluang Lolos Cukup Besar -->

Bocoran Waktu Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12, Peluang Lolos Cukup Besar

Rabu, 09 Desember 2020

Belajardirumah.org -  Waktu pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 sedang ditunggu masyarakat. Sampai November 2020, sudah dibuka hingga gelombang 11 Kartu Prakerja.


Sebanyak 5,9 juta orang sudah tergabung dalam program Kartu Prakerja sejak dibuka pada April 2020. Sementara pendaftarnya mencapai 43 juta orang.


Kapan Kartu Prakerja gelombang 12 akan dibuka? Bocoran pembukaan gelombang 12 Kartu Prakerja pun mulai dibuka pemerintah.


Mendaftar Kartu Prakerja tak hanya dilakukan secara online. Pemerintah telah membuka jalur pendaftaran secara offline. Pendaftaran Kartu Prakerja secara offline ini diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 17 Tahun 2020 tentang Proses Bisnis, Tata Cara Pendaftaran, Seleksi, dan Penetapan Penerima Kartu Prakerja dengan cara Luar Jaringan.


Dibukanya kesempatan untuk mendaftar secara offline ini untuk memberi kemudahan bagi calon peserta yang masih memiliki keterbatasan infrastruktur telekomunikasi.


Cara mendaftar Kartu Prakerja Secara Offline


Tahapan yang harus dialui untuk mendaftarkan diri secara offline adalah sebagai berikut.


Pertama, pemdaftaran seca offline bisa dilakukan secara individu maupun kolektif melalui kementerian, lembaga, atau Dinas.


Kedua, pendaftar diharuskan mengisi formulir pendaftaran kartu prakerja dan menandatanganinya. Contoh formulirnya bisa dilihat di link ini.


Data-data yang diperlukan untuk mengisi formulir tersebut antaran lain, nama lengkap, NIK, tanggal lahir, nomor Kartu Keluaga, alamat email, nomo telepon seluler (handphone), alamat, dan pendidikan terakhir.


Hal lain juga yang perlu diisi adalah status kerja serta pelatihan-pelatihan yang diinginkannya, seperti diberitakan Malang Terkini dengan judul "Update Info Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 dan Cara Daftar Secara Offline".


Selain formulir tersebut, calon peserta juga wajib mendandatangi surat pernyataan pendaftar dengan melampirkan salinan atau fotocopy KTP.


Kapan Kartu Prakerja Gelombang 12 Dibuka?


Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melalui Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan jika tingginya pendaftar menunjukkan menunjukkan antusiasme masyarakat yang tinggi dan kemudahan bagi masyarakat untuk mengaksesnya, didukung sistem manajemen pelaksana yang telah disiapkan dengan baik.


Sedangkan untuk untuk kelanjutan program Kartu Prakerja selepas selesainya Gelombang 11, Susiwijono menjelaskan akan meneruskan program ini di tahun 2021. Kartu Prakerja Gelombang 12 akan dibuka pada tahun 2021.


Lebih lanjut, penerima program pada 2020 tidak akan menjadi penerima pada 2021 demi pemerataan bagi seluruh angkatan kerja


"Untuk itu saya mengimbau kepada para penerima Kartu Pra Kerja agar menggunakan saldo bantuan pelatihan semaksimal mungkin. Selain itu, saya mendorong bagi penerima yang belum menyelesaikan pelatihan yang pertama, agar segera menyelesaikan pelatihannya karena apabila tidak diselesaikan sebelum tanggal 15 Desember 2020, maka insentif sebesar Rp2,4 juta tidak dapat diterima," ujarnya dalam webinar bertemakan “Survei BPS: Bicara tentang Kartu Prakerja” di Jakarta, Senin 23 November 2020 yang lalu.***