BURUAN Cek DISINI, Dapatkan Bantuan Terbaru Dari Jokowi Rp 1 Juta Untuk Pelajar dan Mahasiswa, Segera Aktivasi DISINI -->

BURUAN Cek DISINI, Dapatkan Bantuan Terbaru Dari Jokowi Rp 1 Juta Untuk Pelajar dan Mahasiswa, Segera Aktivasi DISINI

Rabu, 16 Desember 2020

Belajardirumah.org - Informasi terbaru untuk rekan-rekan semua, Upaya pemerintah untuk meningkatkatkan kebutuhan ekonomi masyarakat Indonesia. Kali ini dana bantuan akan disalurkan bagi siswa, begini cara aktivasi untuk dapat dana bantuan PIP Rp1 juta.


Pemerintah akan menyalurkan Program Indonesia Pintar (PIP) kepada siswa yang telah mengaktivasi Kartu Indonesia Pintar (KIP). Dana bantuan PIP Rp1 juta ini diberikan untuk membeli segala kebutuhan sekolah, baik lembaga pendidikan formal maupun informal.


Dana bantuan PIP Rp1 juta ini diberikan kepada siswa yang terdaftar aktif di KIP, pemegang KIP ini berlaku hingga lulus SMA/SMK.


Aktivasi KIP ini sangat penting, agar bisa dirasakan manfaatnya bagi para siswa untuk segala kebutuhan sekolahnya.


“Sosialisasi mengenai aktivasi KIP atau penggunaan KIP sangat penting, karena fakta di lapangan masih banyak masyarakat yang tidak mengerti cara menggunakan KIP untuk menerima manfaat dari PIP meski distribusi KIP sudah hampir mencapai 100 persen,” kata Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Thamrin Kasman sebagaimana dikutip dari indonesiapintar.kemdikbud.go.id.


Siswa yang akan mengaktivasi Kartu Indonesia Pintar (KIP), bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini, agar dana bantuan PIP Rp1 juta bisa segera cair:


  1. Siswa penerima KIP membawa KIP ke sekolah/madrasah/satuan pendidikan formal lain dimana penerima KIP akan mendaftar.
  2. Satuan pendidikan atau lembaga pendidikan mencatat informasi anak ke dalam data pokok pendidikan (Dapodik) sebagai calon penerima manfaat PIP yang kemudian akan diajukan ke Kemdikbud
  3. Kemendikbud, Kemenag, dan Kemenakertrans akan melakukan verifikasi sesuai server dapodik di pusat, kemudian menerbitkan Surat Keputusan (SK) Penetapan Penerima manfaat PIP dan mengirimkan daftar penerima tersebut ke bank penyalur yang ditunjuk.
  4. Dinas Pendidikan/Kantor Kemenag Kabupaten/Kota akan mengirimkan surat pemberitahuan dan daftar penerima manfaat PIP ke sekolah/madrasah/lembaga pendidikan lain
  5. Sekolah/madrasah/lembaga pendidikan lainnya menginformasikan kepada peserta didik atau orang tua mengenai lokasi dan waktu pengambilan dana bantuan berdasarkan info dari dinas Pendidikan/Kantor Kemenag Kabupaten/Kota atau Bank Penyalur.
  6. Anak penerima KIP atau orang tuanya dapat mengambil dana Bantuan PIP ke Bank Penyalur dengan membawa surat pemberitahuan atau daftar penerima manfaat PIP.


Setelah para siswa melakukan aktivitas seperti langkah di atas, selanjutnya para siswa mengecek dana bantuan PIP Rp1 juta, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:


  1. Klik link pip.kemdikbud.go.id
  2. Klik ‘Cek Penerima PIP’
  3. Masukkan NISN, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu Kandung siswa
  4. Setelah itu klik ‘Cek Data’
  5. Kemudian akan muncul nama anak, nama sekolah, tempat tinggal dan bank penyalur.

Diketahui, masing-masing peserta didik akan mendapatkan besaran dana bantuan PIP sesuai dengan tingkatan siswa tersebut.


Berikut ini besaran dana bagi siswa untuk mendapatkan dana bantuan PIP ini, di antaranya:


Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan dana bantuan PIP Rp450 ribu per tahun.


Peserta didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan dana bantuan PIP Rp750 ribu per tahun.


Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan dana bantuan PIP Rp1 juta per tahun.


Demikian informasi yang dapat belajardirumah.org berikan mengenai Bantuan Terbaru Dari Jokowi Rp 1 Juta Untuk Pelajar dan Mahasiswa, Segera Aktivasi, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru dan pelajar semua.