CAIR Desember, Pengumuman Nama Penerima BLT UMKM Rp 2,4 Juta atau BPUM Seluruh Indonesia Lengkap!

Advertisement

CAIR Desember, Pengumuman Nama Penerima BLT UMKM Rp 2,4 Juta atau BPUM Seluruh Indonesia Lengkap!

Jumat, 04 Desember 2020

Belajardirumah.org - Penting untuk diketahui rekan-rekan semua, Pendaftaran bantuan tunai langsung (BLT) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atau banpres produktif (BPUM) tahap 2 sudah ditutup akhir November 2020. Saat ini calon penerima tinggal menunggu pengumuman dari Kementrian Koperasi dan UKM. Teman-teman bisa cek nama penerima BLT UMKM di link yang sudah admin sediakan dibawah ini.


"Batas waktu pendaftaran sampai akhir November 2020," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) Sahrul.


Lantas siapa-siapa yang berpeluang mendapatkan bantuan ini?


Yang berpeluang mendapatkan bantuan adalah:


1. Warga Negara Indonesia (WNI)


2. Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK)


3. Memiliki usaha mikro


4. Bukan ASN, TNI/POLRI, serta pegawai BUMN/BUMD


5. Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR.


6. Bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU)


Apakah BLT UMKM sudah diumumkan?


Pelaku UMKM juga bisa mengecek status penerima bantuan secara online melalui laman https://eform.bri.co.id/bpum.


Berikut cara pengecekannya:


Buka alamat https://eform.bri.co.id/bpum


Isi nomor KTP


Lakukan proses verifikasi dengan memasukkan jawaban perhitungan matematika


Klik proses inquiry


Akan muncul pemberitahuan terkait status penerima bantuan


Jika dinyatakan sebagai penerima bantuan, maka segera datang ke Bank BRI terdekat dengan membawa identitas diri.


Pencairan BPUM atau BLT UMKM dapat dilakukan dengan melengkapi dokumen Surat Pernyataan dan/atau kuasa Penerima Dana BPUM dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM).


Surat-surat tersebut sudah disediakan oleh pihak Bank BRI, pendaftar hanya diminta untuk mengisi dan melengkapi data yang diperlukan.


Bagi penerima bantuan yang telah memiliki rekening BRI, dapat membawa persyaratan lainnya seperti buku tabungan, kartu ATM, dan identitas diri.


Penerima bantuan yang tidak memiliki nomor rekening, akan dicetakkan buku tabungan oleh Bank BRI dengan membawa KTP dan bukti SMS atau pemberitahuan. Yang lolos akan mendapatkan modal usaha sebesar Rp2,4 juta.


KABAR BAIK


Bagi yang belum lolos di tahap 2 masih ada berpeluang untuk mendapatkan bantuan Rp2,4 juta ditahun 2021.


Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang Bantuan Presiden (Banpres) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada UMKM sebesar Rp2,4 juta hingga tahun depan.


Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, perpanjangan banpres untuk UMKM diperpanjang lantaran animo pelaku UMKM yang masih tinggi untuk bisa mendapatkan bantuan dana produktif.


Teten menjelaskan, ada sebanyak 28 juta pelaku UMKM yang mendaftar untuk menerima bantuan ini, padahal pemerintah hanya menyalurkan bantuan kepada 12 juta pelaku usaha.


Demikian kabar dari belajardirumah.org mengenai Pengumuman Nama Penerima BLT UMKM Rp 2,4 Juta atau BPUM Seluruh Indonesia Lengkap! Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan semua yang sedang mencari informasi seputar daftar nama penerima BLT UMKM seluruh Indonesia. Sekian dan terima kasih atas kunjungan teman-teman semua di laman belajardirumah . ***