DAFTAR Terbaru Nama Penerima BLT UMKM Rp2,4 Juta Desember 2020 di Link eform.bri.co.id/bpum, Cek Nama Anda DISINI -->

DAFTAR Terbaru Nama Penerima BLT UMKM Rp2,4 Juta Desember 2020 di Link eform.bri.co.id/bpum, Cek Nama Anda DISINI

Kamis, 10 Desember 2020

Belajardirumah.org - Informasi terbaru untuk rekan-rekan semua, Daftar penerima BLT UMKM Rp2,4 Juta Desember dapat Anda cek melalui EFORM BRI melalui link eform.bri.co.id/bpum. Silahkan lihat nama anda.


Bantuan pemerintah dalam bentuk BLT atau bantuan langsung tunai tetap disalurkan diakhir tahun ini, salah satunya adalah BLT UMKM Rp2,4 Juta yang menyasar pelaku UMKM yang terkena dampak akibat pendemi Covid-19.


Kementrian Koperasi dan UKM atau Kemenkop UKM yang bertanggungjawab atas penyaluran BLT UMKM Rp2,4 Juta sebelumnya telah menyalurkan bantuan di tahap 1 kemudian pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta tahap 2 dibuka kembali pada 13 Oktober dan ditutup pada akhir November lalu, dibulan Desember ini pencairan BLT UMKM Rp2,4 Juta tahap 2 sedang dilakukan.


Kementrian Koperasi dan UKM memastikan bahwa koordinasikan penyaluran Banpres Produktif untuk Usaha Mikro, Kementerian Koperasi dan UKM tidak ada rekayasa dalam proses penyalurannya


Pihak Kemenkop UKM juga berjanji terus melakukan verifikasi berkas-berkas yang telah didaftarkan di tahap 1 maupun tahap 2.


Untuk mengecek daftar nama penerima BLT UMKM Rp2,4 Juta bulan Desember 2020 ini sangat mudah, Anda cukup akses EFORM BRI dengan menggunakan e-KTP.


Berikut ini cara cek BLT UMKM hanya dengan e-KTP di eform.bri.co.id/bpum.


  1. Buka situs web https://eform.bri.co.id/bpum.
  2. Setelah itu isi nomor KTP yang sudah terdaftar.
  3. Lalu isi kode verifikasi yang sudah dicantumkan.
  4. Ketika sudah diisi, klik Proses Inquiry.
  5. Jika sudah masuk, pelaku UMKM akan menerima pemberitahuan apakah sudah mendapatkan bantuan atau tidak.


Karena banyaknya informasi simpang-siur mengenai BLT UMKM Rp2,4 Juta, Kemenkop UKM melalui instagram resmi mereka @kemenkopukm mengunggah informasi seputar BLT UMKM Rp2,4 Juta yang sering ditanyakan.


Dalam pernyataannya, pihak Kementrian menulis bahwa seluruh usaha mikro yang menjadi calon penerima bantuan adalah yang telah diusulkan oleh lembaga pengusul seperti Dinas Koperasi provinsi, kabupaten/kota, Koperasi yang telah disahkan sebagai Badan Hukum, Kementerian/Lembaga, perbankan dan perusahaan pembiayaan yang telah terdaftar di OJK serta BLU yang mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan dana bergulir kepada koperasi dan/atau usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah.


Lembaga pengusul yang telah disebutkan diatas bertanggung jawab untuk melakukan verifikasi data calon penerima Banpres Produktif untuk Usaha Mikro.


Perlu dicatat bahwa proses pendaftaran hingga tahap pencairan dana BLT UMKM Rp2,4 Juta tidak dipungut biaya apapun alias gratis.


UMKM yang diusulkan tadi kemudian akan melalui proses verifikasi dan validasi di Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) Kemenkeu dan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK.


Bank BRI, BNI dan BNI Syariah adalah deretan bank yang ditunjuk pemerintah sebagai lembaga penyalur yang nantinya akan melakukan proses Know Your Customer (KYC) untuk memastikan kebenaran data penerima bantuan BLT UMKM Rp2,4 juta.


Mengenai proses pencairan BLT UMKM Rp2,4 juta, Kemenkop UKM bahwa banpres ini dicairkan hanya satu kali kepada satu nama pelaku UMKM yang telah terdaftar dan akan diberikan langsung tunai sesuai dengan besaran dana yaitu Rp2,4 juta.