Dokumen Pendukung Yang Wajib Dipersiapkan Saat Daftar CPNS 2021

Advertisement

Dokumen Pendukung Yang Wajib Dipersiapkan Saat Daftar CPNS 2021

Rabu, 09 Desember 2020

Belajardirumah.org -  Jelang seleksi CPNS 2021, tentu berbagai dokumen utama dan dokumen pendukung harus Anda ketahui jenis-jenisnya.


Kelengkapan dokumen-dokumen pada saat pendaftaran atau pemberkasan CPNS 2021 ini juga akan menentukan penetapan peserta apakah berstatus CPNS atau tidak.


Dilansir dari website resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kepala Biro Kepegawaian BKN Diah Kusuma Ismuwardani mengatakan bahwa jika salah satu dokumen tidak memenuhi persyaratan, maka peserta yang bersangkutan tidak dapat diusulkan untuk ditetapkan NIP-nya.


Lalu, apa saja dokumen-dokumen yang harus disiapkan untuk proses pemberkasan? Berikut informasinya.


1, Surat lamaran


Surat lamaran ini ditujukan untuk pimpinan dari instansi yang dilamar, ditulis tangan dengan format penulisan sesuai contoh, dan ditandatangani serta diberi materai Rp6000.


2. Surat Tanda Tamat Belajar/Ijazah


Ijazah yang dilampirkan akan diperiksa keabsahannya melalui nomor ijazah yang tertera. Hal ini untuk memverifikasi keaslian dari ijazah yang dimiliki oleh peserta.


3. Daftar Riwayat hidup (DRH)


Daftar riwayat hidup pada pemberkasan nanti akan diisi secara online di website SSCN. Untuk itu, isilah data sesuai dengan fakta yang ada, dan pastikan Anda tidak salah menginput data yang harus diisi dengan nomor.


4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)


Surat keterangan ini dikeluarkan oleh pihak kepolisian, dengan perihal usul penetapan NIP CPNS. Surat ini pun dilegalisir dan ditanda tangan asli (bukan cap tanda tangan).


5. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani


Surat keterangan ini dikeluarkan oleh dokter yang berstatus PNS pada rumah sakit pemerintah. Keterangan perihal pun ditulis “usul penetapan NIP CPNS”.


Pada saat melakukan tes kesehatan nanti, Anda harus menjalani dua tes terpisah untuk mendapat surat keterangan sehat jasmani dan surat keterangan sehat rohani.


6. Surat keterangan tidak mengonsumsi narkotika, psikotropika, prekursor dan zat adiktif lainnya


Sama seperti surat keterangan sehat jasmani dan rohani, surat keterangan bebas narkoba juga dikeluarkan oleh dokter berstatus PNS di rumah sakit pemerintah. Keterangan perihal ditulis “usul penetapan NIP CPNS”.


Itulah beberapa dokumen yang akan diperiksa keabsahannya pada saat seleksi pemberkasan CPNS 2021 mendatang. Penambahan dokumen bisa saja dilakukan, sesuai dengan masing-masing instansi. Maka dari itu, pastikan dokumen-dokumen Anda sesuai dengan persyaratan yang tertera di masing-masing wesite instansi atau bisa juga mengunjungi website resmi BKN.***