HORE! Akhirnya Bantuan Terbaru Dari Pemerintah Cair, Bisa Dapat Rp 1 Juta Untuk Pelajar dan Mahasiswa, Cek Segera DISINI

Advertisement

HORE! Akhirnya Bantuan Terbaru Dari Pemerintah Cair, Bisa Dapat Rp 1 Juta Untuk Pelajar dan Mahasiswa, Cek Segera DISINI

Kamis, 17 Desember 2020

Belajardirumah.org - Kabar baik Pemerintah mengeluarkan bantuan berupa Program Indonesia Pintar (PIP) melalui Kemendikbud. Bantuan ini diberikan kepada siswa sekolah dari usia 6 sampai 21 tahun.


Bantuan PIP Kemendikbud 2020 ini di berikan pada siswa yang berasal dari keluarga miskin dan rentan miskin yaitu yang memiliki Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS), Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, disabilitas dan juga korban bencana alam.


PIP ini adalah lanjutan dari program sebelumnya yaitu Program Bantuan Siswa Miskin (BSM), Program ini disalurkan melalui kartu Indonesia pintar KIP dengan secara tunai kepada para penerima manfaat.


Bantuan ini dialokasikan untuk siswa yang menerima KIP, para peserta didik dari keluarga miskin atau rentan miskin dengan pertimbangan khusus, kemudian siswa SMK yang sedang melakukan studi keahlian kelompok seperti pertanian, peternakan, kemaritiman, kehutanan dan pelayaran.


Dalam program Indonesia pintar ini ada tiga sasaran dan jumlah bantuan yang disesuaikan dengan tingkat sekolah siswa tersebut.


1. Siswa tingkat SD atau paket A akan mendapatkan bantuan Senilai Rp450. 000 / Tahunnya.


2. Siswa tingkat SMP atau paket B ini akan mendapatkan bantuan senilai Rp750.000/Tahunnya.


3 Siswa SMA, SMK, atau paket C mendapatkan bantuan senilai 1.000.000 / Tahunnya.


Cara menggunakan Kartu Indonesia pintar ini adalah para penerima KIP ini haruslah terdaftar sebagai peserta didik di lembaga pendidikan formal SD, SMP, SMA dan juga non formal seperti PKBM, LPK.


Selain terdaftar sebagai peserta didik formal, para penerima bantuan ini juga haruslah terdaptar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).


Adapun Cara mengecek apakah terdaftar sebagai penerima bantuan bisa di lihat secara online :


Pertama masuklah kedalam situs pip kemdikbud.go.id kemudian cek klik cek penerima PIP.


Kedua ketikan NISN, biodata seperti tanggal lahir nama ibu kandung setelah selesai memasukan data, kemudian tinggal klik ' Cek data'


Ketiga setelah klik 'Cek data' maka akan muncul nama anak, nama sekolah dan juga tempat tinggal serta bank penyalur.


Adapun cara mengaktivasi bantuan Program Indonesia Pintar ini adalah sebagai berikut :


1.Siswa penerima KIP membawa KIP ke sekolah/madrasah/satuan pendidikan formal lain dimana penerima KIP atau akan mendaftar.


2. Satuan pendidikan atau lembaga pendidikan mencatat informasi anak ke dalam data pokok pendidikan (dapodik) sebagai calon penerima manfaat PIP yang kemudian akan diajukan ke Kemdikbud.


3. Kemdikbud, Kemenag, dan Kemenakertrans akan melakukan verifikasi sesuai server dapodik di pusat, kemudian menerbitkan Surat Keputusan (SK) Penetapan Penerima manfaat PIP dan mengirimkan daftar penerima tersebut ke bank penyalur yang ditunjuk.


4. Dinas Pendidikan/Kantor Kemenag Kabupaten/Kota akan mengirimkan surat pemberitahuan dan daftar penerima manfaat PIP ke sekolah/madrasah/lembaga pendidikan lain.


5. Sekolah/madrasah/lembaga pendidikan lainnya menginformasikan kepada peserta didik atau orang tua mengenai lokasi dan waktu pengambilan dana bantuan berdasarkan info dari dinas Pendidikan/Kantor Kemenag Kabupaten/Kota atau bank penyalur.


6. Anak penerima KIP atau orang tuanya dapat mengambil dana bantuan PIP ke bank penyalur dengan membawa surat pemberitahuan atau daftar penerima manfaat PIP.


PIP Kemendikbud 2020 ini bisa digunakan untuk keperluan pribadi siswa dan kebutuhan sekolahnya.


Demikian informasi yang dapat belajardirumah.org berikan mengenai Bantuan Terbaru Dari Pemerintah Cair, Bisa Dapat Rp 1 Juta Untuk Pelajar dan Mahasiswa, Semoga dapat bermanfaat untuk rekan-rekan semua. ***