HORE! BLT BPJS dan BLT UMKM Resmi Diperpanjang Sampai 2021, Berikut Daftar BLT dan Bansos yang Diperpanjang Pemerintah di 2021 -->

HORE! BLT BPJS dan BLT UMKM Resmi Diperpanjang Sampai 2021, Berikut Daftar BLT dan Bansos yang Diperpanjang Pemerintah di 2021

Rabu, 02 Desember 2020

Belajardirumah.org - Banyak dari rekan-rekan karyawan yang bertanya apakah bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan dan BLT UMKM diperpanjang sampai 2021? Untuk itu admin sudah rangkum daftar BLT dan Bansos yang diperpanjang hingga 2021, cek daftarnya berikut ini dan cara agar mendapatkan pencairan dana hibah. Lihat selengkapnya dibawah ini.


Pemerintah secara konsisten akan terus memberikan bantuan kepada masyarakat terutama yang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19, bantuan yang disalurkan dalam bentuk BLT dan Bansos akan terus disalurkan hingga tahun depan.


Baca Juga : SEGERA Daftar! Kartu Prakerja Bagikan Uang Gratis Rp 40 Juta, Begini Syarat dan Cara Daftar di LINK Ini


Bagi Anda yang sedang mencari informasi terkait daftar bantuan sosial (bansos) pemerintah yang cair yang diperpanjang hingga 2021 lengkap dengan cara dan syaratnya, simak artikel ini hingga akhir.


Seperti yang diketahui bahwa Pemerintah akan mencairkan sejumlah bantuan sosial (bansos) di bulan November 2020, oleh karena itu tim Fix Indonesia telah mengumpulkan daftar bansos dan BLT yang akan dilanjutkan hingga tahun 2021 dilansir dari berbagai sumber.


1. BLT BPJS Ketenagakerjaan


Berdasarkan data terbaru yang diunggah Kementrian Ketenagakerjaan lewat website resminya, hingga saat ini BLT Subsidi Gaji termin 2 tahap 5 telah mulai disalurkan pada Selasa, 24 November 2020.


Tercatat, Kemnaker telah mencairkan BLT BPJS tahap 5 pada 567.723 ribu karyawan.


Melansir website resmi Kementrian Ketenagakerjaan, dengan disalurkankan tahap 5 termin kedua ini, maka Kemnaker telah menyalurkan BSU dari tahap I hingga tahap 5, total sebanyak 11,052 juta penerima.


BLT BPJS Ketenagakerjaan rencananya akan terus dilakukan pencairannya hingga tahun 2021. Untuk info lebih lanjut terkait cara mendaftar bantuan ini, mengkonfirmasi langsung kepada perusahaan tempat mereka bekerja yang memasukan data terkait program BPJS.


Baca Juga : MANTAP! Ini 4 BANSOS dari Kemensos yang Akan Cair Tunai pada Tahun 2021. Simak Daftarnya DISINI


Cara lain adalah langsung mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat atau link berikut https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/


Nantinya masukkan alamat email dan password. Setelah masuk Anda dapat melihat beberapa informasi mulai dari kartu digital, saldo JHT, klaim saldo JHT, simulasi hingga vokasi.


2. BLT UMKM Rp2,4 Juta


Bantuan lain yang sangat dinantikan oleh para pelaku UMKM di Indonesia adalah BLT UMKM Rp2,4 Juta dari Kementrian Koperasi dan UMKM (Kemenkop UMKM).


Dengan adanya bantuan pemerintah tersebut berharap masyarakat setidaknya dapat terbantu dengan kondisi pandemi saat ini, khususnya bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).


Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki telah berencana akan memperpanjang pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 juta BPUM di tahun 2021 karena melihat jumlah peminatnya yang masih cukup tinggi.


“Kami sekarang sudah menerima data 28 juta pelaku usaha mikro, padahal alokasinya untuk 12 juta pelaku usaha mikro. Namun, kita akan masih coba terus mencari solusinya, mudah-mudahan tahun 2021 kami telah usulkan kembali untuk terus dilanjutkan,” ujar Menteri Teten dilansir dari ANTARA, Minggu 15 November 2020.


Baca Juga : CATAT! Inilah Tahapan Pencairan BPUM UMKM Rp2,4 Juta PNM Mekaar, Lakukan Ini Agar Langsung Cair


Untuk mengecek pencairan dana BLT UMKM Rp2,4 juta, para pelaku UMKM yang telah mendaftar bisa mengecek melalui eform.bri.co.id/bpum pada link https://eform.bri.co.id/bpum hanya pakai NIK dan KTP.


3. Kartu Prakerja Gelombang 12


Hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 11 telah diumumkan, namun jangan khawatir karena Kartu Prakerja Gelombang 12 masih akan dibuka.


Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, mengatakan untuk masyarakat yang belum mendapatkan kesempatan untuk lolos sebagai peserta Kartu Prakerja di gelombang 11 bisa mendaftarkan diri tahun depan.


"Teman-teman bisa join batch selanjutnya di tahun depan, jadi join batch I di 2021. Datanya teman-teman sudah tersimpan di database, jadi tidak perlu mengulang, mengisi data-data dari awal," ucapnya.


Pendaftaran Kartu Prakerja dapat Anda akses pada situs www.prakerja.go.id.


4. BST Kemensos untuk PKH


Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) akan melanjutkan program Bansos Tunai (BST) hingga enam bulan pertama tahun 2021.


Ada empat komponen dalam satu keluarga penerima PKH yaitu kategori ibu hamil/nifas, kategori anak usia dini s.d. 6 tahun, kategori pendidikan anak wajib belajar 12 tahun, kategori penyandang disabilitas berat, hingga kategori lanjut usia.


Di tahun 2020, Bansos BST Rp300 ribu dari Kemensos ini diberikan kepada keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM PKH) yang rencananya akan diperpanjang hingga Juni 2021.


Namun khusus tahun depan, ada pengurangan dana yaitu dari Rp300 ribu menjadi Rp200 ribu per bulan.


Baca Juga : SELURUH Nama Penerima BLT UMKM Rp 2,4 Juta Seluruh Indonesia Ada Di LINK Ini, Buruan Cek DISINI


Bagi masyarakat yang ingin mengecek secara online daftar penerima bantuan ini, bisa masuk ke dtks.kemensos.go.id melalui link https://dtks.kemensos.go.id/ dengan cara memasukkan NIK dan KTP.


Demikian informasi yang dapat belajardirumah.org berikan mengenai BLT BPJS dan BLT UMKM Resmi Diperpanjang Sampai 2021, Berikut Daftar BLT dan Bansos yang Diperpanjang Pemerintah di 2021. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan semua yang masih bertanya apakah BLT BPJS Ketenagakerjaan diperpanjang hingga 2021. Sekian dan terima kasih sudah berkunjung di laman belajardirumah . ***