HORE! BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 6 Siap Dicairkan ke 1,4 Juta Karyawan, Cek Nama Penerima Di LINK Ini -->

HORE! BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 6 Siap Dicairkan ke 1,4 Juta Karyawan, Cek Nama Penerima Di LINK Ini

Jumat, 04 Desember 2020

Belajardirumah.org - Alhamdulillah kabar gembira untuk rakn-rekan semua, 1,4 juta karyawan yang belum mendapatkan BLT BPJS Ketenagakerjaan akan segera mendapatkan pencairan dana di tahap 6, jika belum dapat Anda bisa lapor ke link berikut ini.


Kementrian Ketenagakerjaan telah menyalurkan BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan hingga tahap 5 di golongan ke-2 ini.


Melansir website resmi Kementrian Ketenagakerjaan, dengan disalurkankan tahap 5 termin kedua ini, maka Kemnaker telah menyalurkan BSU dari tahap I hingga tahap 5, total sebanyak 11,052 juta penerima.


Jumlah ini lebih sedikit dari target Kementrian Ketenagakerjaan, dimana Kemnaker telah berencana menyalurkan uang BLT BPJS Ketenagakerjaan gelombang 2 kepada 12,4 juta karyawan yang telah memenuhi persyaratan.


Pihaknya juga akan menyalurkan kepada pemilik rekening bank Himbara maupun rekening bank swasta.


Ini artinya dengan jumlah penerima hingga tahap 5 baru 11,052 juta maka masih ada sekitar 1,4 juta lagi yang belum menerima pencairan dana BLT BPJS Ketenagakerjaan.


Terkait 1,4 juta karyawan yang belum menerima bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan, Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama Hubungan Industrial Kemnaker, Aswansyah, mengatakan hingga kini Kemnaker dan BPJS Ketenagakerjeaan masih melakukan proses pemadanan data dengan Ditjen Pajak.


"Kemarin kami melakukan pemadanan dengan Ditjen Pajak. Terdapat 1.198.538 rekening, tapi itu belum proses, jadi di-pending dulu penyaluran BSU-nya," ujar Aswansyah.


Proses pemadanan data ini membuat penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan kepada sisa Pekerja menjadi tertunda.


Meski begitu, Aswansyah menjelaskan, pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan termin 2 akan ada 6 tahap penyaluran.


Sementara itu, Menaker Ida Fauziyah mengatakan, bagi pekerja yang masuk dalam kriteria penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan termin kedua, tetapi belum menerima transferan dana subsidi gaji BLT BPJS Ketenagakerjaan, dimohon untuk bersabar, karena masih dalam proses penyaluran.


"Penyaluran BSU ini, tentunya setelah diproses oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) kepada bank penyalur, untuk selanjutnya di ditransfer ke rekening penerima baik Himbara (Himpunan Bank-Bank milik Negara) maupun non-Himbara, " kata Menaker Ida.


Ida juga menambahkan, sisanya (yang belum dapat BSU) masih dalam proses penyaluran dan terus dimonitori perkembangan penyalurannya oleh Kemnaker.


Mengenai pencairan yang tidak serentak, sebelumnya Menteri Ida sudah menjelaskan bahwa memakan beberapa tahap, jadi para karyawan memang harus bersabar menerima pencairan dana.


Bagi karywan yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta dapat mengecek apakah termasuk penerima BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan tahap 6 dengan cara berikut:


  • Buka website resmi Kementerian Ketenagakerjaan di www.kemnaker.go.id
  • Klik tombol masuk di pojok kanan atas, lalu masukkan No. KTP/ No. HP/ Email dan password terdaftar.
  • Jika belum melakukan pendaftaran, maka mendaftarakan diri dengan klik tombol daftar sekarang di bawah form masuk, atau terdapat di pojok kanan atas laman awal kemnaker.
  • Isi data diri seperti NIK, Nama Orang Tua, Email, Nomor HP, dan Password kemudian klik Daftar Sekarang.
  • Setelah selesai nantinya akan ada pesan singkat atau SMS ke nomor HP yang terdaftar.
  • Lakukan aktivasi akun dengan cara masuk kembali ke laman kemnaker dan klik tombol Masuk di pojok kanan atas website.
  • Isi formulir yang tersedia dengan lengkap, lalu akan muncul status pemberitahuan apakah Anda masuk dalam daftar penerima BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan tahap 6 atau tidak.


Para karyawan juga bisa mengecek pencairan dana BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan tahap 6 ini melalui aplikasi BPJSTKU Mobile. Anda dapat mengunduhnya melalui link bpjsketenagakerjaan.go.id.