INFORMASI Terbaru Pencairan Uang BLT BPJS Ketenagakerjaan Termin 3 Tahap 1, Segera Cek di Link Ini

Advertisement

INFORMASI Terbaru Pencairan Uang BLT BPJS Ketenagakerjaan Termin 3 Tahap 1, Segera Cek di Link Ini

Rabu, 16 Desember 2020

Belajardirumah.org -  Untuk rekan-rekan pekerja atau karyawan semua, Ini Informasi terbaru pencairan uang BLT BPJS Ketenagakerjaan termin 3 tahap 1, segera cek di link Kemnaker.go.id dan pastikan nama Anda terdaftar sebagai penerima.


Program penyaluran dana BLT BPJS Ketenagakerjaan ini akan menyasar 12,4 juta pekerja yang telah memenuhi persyaratan. Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menyalurkan uang BLT BPJS Ketenagakerjaan termin 2 kepada 11 juta pekerja.


Kemnaker pun memastikan bahwa untuk penyaluran kepada 1,4 juta pekerja akan terus dilakukan. Mengingat penyaluran ini dilakukan setelah data pekerja dipadankan dengan pihak terkait, penyaluran termin selanjutnya masih dalam proses.


“Kita terus mempercepat penyaluran bantuan subsidi gaji atau upah sampai 12,4 juta penerima sehingga bisa segera diterima oleh para pekerja/buruh sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan,” kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah.


“Selama proses penyaluran BSU, tentunya kita terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, mulai dari verifikasi data dari BPJS, pemadanan data dengan DJP Kemenkeu, sampai pendampingan dan pengawasan dari KPK, BPK maupun BPKP,” lanjut Menaker Ida. 


Berdasarkan data Kemnaker per tanggal 8 Desember 2020 penyaluran dana BLT BPJS Ketenagakerjaan termin 2 dari tahap 1 hingga tahap 5 totalnya ada 11.023.780 pekerja dengan total anggaran senilai Rp13.228 triliun, berikut rinciannya:


Tahap 1 disalurkan kepada 2.177.915 pekerja dengan anggaran Rp2,613 triliun.


Tahap 2 disalurkan kepada 2.711.358 pekerja dengan anggaran Rp3.253 triliun.


Tahap 3 disalurkan kepada 3.146.314 pekerja dengan anggaran Rp3.775 triliun.


Tahap 4 disalurkan kepada 2.439.982 pekerja dengan anggaran Rp2.927 triliun.


Tahap 5 disalurkan kepada 548.211 pekerja dengan anggaran Rp657.853 milyar.


Menurut Aswansyah, selaku Direktur Kelembagaan dan Kerja sama Hubungan Industrial Kemnaker, penyaluran dana BLT BPJS Ketenagakerjaan masih dalam proses dalam pemadanan data.


“Kemaren kami melakukan pemadanan dengan Ditjen Pajak. Terdapat 1.198.538 rekening, tapi itu belum proses, jadi di-pending dulu penyaluran BSU-nya,” ujar Aswansyah.


Penyaluran dana BLT BPJS Ketenagakerjaan disalurkan berdasarkan kebijakan dari pihak KPCPEN, agar penyalurannya tepat sesuai dengan sasaran penerima.


“Kemnaker selaku Kementerian teknis mengharapkan subsidi ini terus bisa berlanjut. Namun, secara policy atau kebijakan itu kami mengikuti dari keputusan KPCPEN (Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional),” katanya.


Bagi para pekerja yang akan mengecek nama penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan termin 3 tahap 1, bisa mengeceknya di link berikut ini:


  1. https://bsu.kemnaker.go.id
  2. https://kemnaker.go.id
  3. Login melalui BPJSTK Mobile
  4. Login melalui website: sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  5. Melalui SMS. Anda bisa mengetik di layar HP Anda “DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor peserta#NAMA#Tanggal lahir#Nomor peserta#Email (jika ada), kemudian kirim SMS ke 2757. Untuk tanggal lahir, gunakan format dd-mm-yy.
  6. Melalui WhatsApp. Anda bisa mengeceknya lewat nomor 08119115910 atau 08551500910.


Berikut ini cara cek nama penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan termin 3 tahap 1 melalui link kemnaker.go.id, diantaranya:


  1. Buka link resmi Kemnaker di kemnaker.go.id
  2. Klik tombol “Daftar” di bagian kanan atas website
  3. Lengkapi pendaftaran akun dengan mengisi NIK dan nama orang tua, bisa ayah atau ibu
  4. Klik “Daftar Sekarang”
  5. Setelah selesai, Kemnaker akan mengirimkan kode OTP yang akan dikirimkan via SMS ke nomor hp yang didaftarkan
  6. Lakukan aktivasi akun setelah mendapatkan kode OTP dengan cara kembali ke laman Kemnaker.go.id dan klik tombol “Masuk atau Login”
  7. Isi formulir dalam website yang terbagi dalam 7 tahapan
  8. Pastikan semua kolom diisi dengan data yang lengkap dan benar mulai dari foto profil, status pernikahan, jenjang pendidikan, pekerjaan, dan data lainnya
  9. Setelah semuanya terisi, akan muncul status pemberitahuan di dashboard apakah masuk dalam daftar penerima bantuan subsidi upah yang diusulkan dari BPJS Ketenagakerjaan ke Kemnaker
  10. Dalam dashboard tersebut, terdapat tombol “kirim aduan”, tombol tersebut untuk yang sudah terdaftar di sistem Kemnaker, namun belum menerima subsidi gaji.
  11. Jika sudah terdaftar Anda akan diberitahukan dengan tulisan “Kamu telah terdaftar di BPJS Naker untuk diusulkan sebagai penerima bantuan. Mohon cek kembali kelengkapan data kamu ke perusahaan tempat kamu bekerja”.


Uang BLT BPJS Ketenagakerjaan akan disalurkan melalui bank penyalur, baik Bank Himbara maupun Bank Swasta.


Kemnaker akan menyalurkan BLT BPJS Ketenagakerjaan termin 3 tahap 1 kepada Pekerja WNI yang dibuktikan dengan NIK, terdaftar sebagai peserta aktif program jamsos BPJS Ketenagakerjaan yang dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan, hingga bulan Juni 2020, memiliki gaji/upah dibawah Rp5 juta, dan Memiliki rekening bank yang aktif.