MUDAH Sekali, Begini Cara Dapat BLT Modal Usaha Rp3,5 Juta dari Kemensos Tanpa Daftar

Advertisement

MUDAH Sekali, Begini Cara Dapat BLT Modal Usaha Rp3,5 Juta dari Kemensos Tanpa Daftar

Selasa, 15 Desember 2020

Belajardirumah.org - Kabar gembira untuk rekan-rekan semua, Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) tengah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai BLT Modal Usaha Rp3,5 juta. 


Bantuan tersebut, akan diberikan kepada anggota Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) yang telah digraduasi atau lolos tanpa harus daftar. 


Salah satu cara untuk mengecek apakah Anda berpotensi bisa mendapatkan BLT UMKM Rp3,5 juta dapat mengakses link dtks.kemensos.go.id hanya dengan menggunakan NIK KTP.  


Adapun syarat mendapatkan BLT Modal Usaha Rp3,5 Juta di antaranya:


1. Warga miskin/rentan miskin


2. Anggota KPM PKH yang sudah digraduasi


3. Punya usaha


Hingga saat ini ada 10.000 KPM PKH Graduasi yang memiliki rintisan usaha terdampak pandemi.


Masing-masing KPM menerima bantuan senilai Rp500 ribu, sehingga total anggarannya mencapai Rp5 miliar sebagai Bantuan Sosial Insentif Modal Usaha (BSIMU).


“Rintisan usaha yang dikelola KPM PKH Graduasi ini adalah usaha ultra mikro,” kata Menteri Sosial Juliari P. Batubara dalam keterangan resminya dilansir Fix Indonesia dari laman resmi Kemensos, Sabtu 12 Desember 2020.


Dalam pelaksanaannya nanti, program ini akan ditangani langsung oleh tenaga kerja Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK)  Hal tersebut dapat  dipastikan akan ada seleksi untuk mengetahui apakah calon penerima layak menerima bantuan ini atau tidak.


Selanjutnya,  jenis usaha yang berhak mendapatkan program BLT Modal Usaha Rp3,5 juta ini adalah usaha kelontong, kuliner, pedagang, penjahit, pertanian dan peternak.


Kemudian Kemensos akan melakukan seleksi terhadap KPM PKH yang sudah di graduasi jika Anda lolos akan diinfokan oleh pendamping PKH.


Berarti tidak ada data baru melainkan ini diambil dari data keluarga penerima manfaat yang sudah digraduasi oleh Kemensos.


Jika Anda berhak mendapatkan BLT Modal Usaha Rp3,5 Juta ini, prosedur pencairan dana bantuan modal usaha nantinya akan langsung didampingi oleh pendamping PKH yang berkompeten.


Untuk diketahui, jenis usaha yang berhak mendapatkan program bantuan modal usaha adalah usaha kelontong, kuliner, pedagang, penjahit, pertanian dan peternak.


Demikian informasi yang dapat belajardirumah.org berikan mengenai Cara Dapat BLT Modal Usaha Rp3,5 Juta dari Kemensos Tanpa Daftar, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan semua. ***