PENTING! Ini Kriteria KPM yang Akan Dapat Uang BLT Modal Usaha Rp3,5 Juta dari Kemensos -->

PENTING! Ini Kriteria KPM yang Akan Dapat Uang BLT Modal Usaha Rp3,5 Juta dari Kemensos

Jumat, 11 Desember 2020

Belajardirumah.org -  Pemerintah terus berupaya untuk memulihkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dengan menyalurkan bantuan melalui program-program yang sampai saat ini masih diberikan, salah satunya melalui program BLT Modal Usaha Rp3,5 juta.


Program BLT Modal Usaha Rp3,5 juta ini merupakan bantuan yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos).


Selain itu, bantuan tersebut menyasar Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sudah terdata di Kemensos dalam Program Keluarga Harapan (PKH).


Akan tetapi, tidak semua KPM yang sudah tergraduasi PKH bisa menerima BLT Modal Usaha ini.


Dikutip dari laman Kemensos pada Jumat 11 Desember 2020, KPM yang akan menerima BLT Modal Usaha Rp3,5 juta tersebut ialah KPM yang mempunyai rintisan usaha. Artinya, jika sudah lulus PKH tetapi tidak punya usaha maka tidak berhak menerimanya.


Adapun yang dimaksud KPM PKH graduasi adalah keluarga yang sudah lulus dari program PKH atau sudah dinyatakan mampu dan mandiri, karena usahanya telah berkembang.


Berikut ini kriteria lengkap penerima BLT Modal Usaha KPM PKH dari Kemensos:


1. Anggota KPM PKH yang sudah digraduasi


2. Warga miskin/rentan miskin  


3. Punya usaha


Penerima BLT Modal Usaha ini tidak perlu mendaftar kembali, karena data KPM sudah ada di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.


KPM hanya perlu mengecek menggunakan NIK KTP di https://dtks.kemensos.go.id/.


Cara cek penerima BLT Modal Usaha hanya dengan NIK KTP, ikuti cara-cara berikut ini:


1. Klik link berikut https://dtks.kemensos.go.id/


2. Masukkan NIK dan nama sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).


3. Masukkan kode Captcha, kemudian klik 'CARI'


Jika NIK KTP Anda tertulis sebagai nama penerima BLT Modal Usaha itu Anda dapat mencairkannya dengan mendatangi kantor kecamatan tempat sesuai dengan tempat tinggal Anda dan didampingi oleh pendamping PKH yang berkompeten.