Persiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Januari 2021, Guru Akan Di Vaksin -->

Persiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Januari 2021, Guru Akan Di Vaksin

Minggu, 20 Desember 2020

 

Belajardirumah.org - Persiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Januari 2021, Guru Akan Di Vaksin. Pemerintah mendatangkan vaksin Covid-19 Sinovac berjumlah 1,2 juta dosis. Hadirnya vaksin ini pun disebut dapat membuat tenang akan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) Januari mendatang. Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) diminta untuk menginventarisasi pengadaan vaksin untuk para guru yang baru saja datang di Tanah Air. Hal itu disampaikan oleh Koordinator Nasional Perhimpunan untuk Pendidikan dan Guru (P2G) Satriwan Salim.


Sedangkan Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Evy Mulyani mengatakan, pemerintah daerah (pemda) sebagai pemberi izin dapat menjadikan kedatangan vaksin sebagai salah satu alasan pembukaan sekolah.


Kata dia, vaksin yang datang ini dapat mendorong pemda untuk lebih secara menyeluruh memastikan kesiapan sekolah di semua aspek. Jadi, yang di maksud adalah kesiapan sarana prasarana yang harus dipastikan lebih detil lagi, agar kegiatan PTM berjalan lancar sebelum masyarakat divaksinasi.


Dengan begitu, maka warga pendidikan pun dapat melakukan kegiatan belajar mengajar lebih aman dan tetap sehat. “Keseluruhan faktor harus dipertimbangkan secara holistik oleh Pemda,” ucapnya kepada wartawan, Rabu (9/12).


Meskipun begitu, dia tetap mengingatkan bahwa vaksin ini bukan menjadi alasan utama agar sekolah dibuka. Pemantauan status dan perkembangan Covid-19 di daerah juga perlu dipertimbangkan untuk kemaslahatan masyarakat pendidikan.


“Pemda juga harus melihat kondisi kesehatan warga pendidikan, ketersediaan sarana prasarana kesehatan, kesiapan satuan pendidikan, ketersediaan transportasi,” imbuhnya.


Sebab, kondisi tersebut hanya diketahui oleh pemda setempat. Di mana pemda sendiri juga telah diberi kepercayaan oleh Kemendikbud untuk memutuskan apakah PTM bisa dijalankan atau tidak, yaitu melalui penyesuaian Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri.

Artikel ini tayang di belajardirumah.org dengan judul Persiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Januari 2021, Guru Akan Di Vaksin.