SEGERA Cek Online Daftar Nama Penerima BLT UMKM Rp2,4 Juta Desember 2020 Seluruh Indonesia Di LINK Ini

SEGERA Cek Online Daftar Nama Penerima BLT UMKM Rp2,4 Juta Desember 2020 Seluruh Indonesia Di LINK Ini

Jumat, 11 Desember 2020

Belajardirumah.org -  Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 juta resmi ditutup 25 November 2020. Usai mendapat pemberitahuan SMS dari bank penyalur sebagai penerima bantuan, pendaftar bisa langsung cek di link eform.bri.co.id/bpum.


BRI sebagai bank penyalur menyediakan layanan cek data penerima BLT UMKM Rp2,4 juta secara online guna meminimalisir kerumunan di kantor Bank.


Pendaftar bisa masuk ke link BRI untuk mengecek namanya apakah terdaftar sebagai penerima BLT UMKM Rp2,4 juta dengan hanya menggunakan NIK e-KTP saja.


1. Klik e-form BRI (https://eform.bri.co.id/bpum)


2. Klik BPUM (Cek Data BPUM)


3. Masukkan Nomor KTP dan Kode Verifikasi


4. Klik proses Inquiry


Sejak bulan Agustus 2020, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) telah menyalurkan bantuan bagi pelaku usaha kecil menengah atau yang disebut dengan BLT Banpres UMKM Rp2,4 juta.


Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki, pada tahap 1 pihaknya menargetkan BLT UMKM Rp2,4 juta kepada sebanyak 9 juta pelaku usaha mikro.


Sementara pada tahap 2, pihaknya hanya menyediakan kuota sebanyak 3 juta penerima BLT UMKM Rp2,4 juta. Sehingga total target keseluruhan 12 juta penerima.


Kemenkop UKM menyalurkan BLT UMKM Rp2,4 juta kepada para pelaku usaha mikro. Bantuan diberikan guna membantu usaha mikro agar bertahan di tengah pandemi Covid-19.


"Banpres produktif untuk usaha mikro merupakan dana hibah, bukan pinjaman ataupun kredit. Penerima tidak dipungut biaya apapun dalam penyaluran Banpres Produktif usaha mikro," sebagaimana dikutip Fixindonesia dari laman resmi Kemenkop UKM.


Menteri KUKM Teten Masduki mengatakan bantuan BLT UMKM Rp2,4 juta yang ditujukan bagi 3 juta pelaku usaha mikro tambahan sudah mulai cair bulan Oktober 2020.


"Pekan ini sudah mulai disalurkan untuk 3 juta usaha mikro berikutnya. Anggaran sudah kami terima dari Kementerian Keuangan," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu 7 Oktober 2020.


Dalam pencairan BLT Banpres UMKM Rp2,4 juta, pemerintah bekerja sama dengan beberapa bank atau yang disebut dengan bank penyalur.


Terkhusus untuk bantuan bagi pelaku UMKM, pemerintah memilih bank BRI, BNI dan Mandiri Syariah sebagai bank penyalur BLT UMKM Rp2,4 juta.


Berikut Statement yang dikeluarkan dari Management BRI yang disampaikan oleh Corporate Secretary Bank BRI Aestika Oryza Gunarto;


Pertama, BRI ditunjuk oleh pemerintah sebagai bank penyalur Banpres Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) dan Perseroan telah mengirimkan SMS notifikasi kepada para penerima bantuan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi.


Kedua, bukan hanya itu, untuk membantu dan memudahkan masyarakat yang tidak menerima SMS notifikasi namun ingin mengetahui apakah dirinya mendapatkan bantuan atau tidak dapat mengakses website eform.bri.co.id/bpum.


Ketiga, dalam proses pencairan bantuan tersebut BRI tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan Covid-19 untuk seluruh kantor BRI, yakni dengan melakukan pembatasan jumlah kepada warga yang hadir, menerapkan sistem antrian, memberikan jarak pembatas, menyediakan handsanitizer serta mengimbau warga masyarakat untuk tidak membuat kerumunan.


Keempat, BRI berkomitmen untuk memberikan perlindungan keamanan dan keselamatan bagi pekerja dan nasabah (people’s first) dalam menjalankan operasional dan aktivitas bisnisnya selama pandemi.


Adapun syarat dan kriteria pendaftaran BLT Banpres UMKM Rp2,4 juta tahap 2 di antaranya:


1. Warga Negara Indonesia (WNI)


2. NIK dan KTP


3. Memiliki Usaha Mikro


4. Bukan PNS, TNI/Polri, Pegawai BUMN dan BUMD


5. Tidak sedang menerima kredit di bank atau pembiayaan dari perbankan dan KUR


6. Surat Keterangan Usaha (SKU) bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda.


7. Tidak sedang menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan (unbankable).


Apabila sudah memenuhi syarat dan kriteria diatas, pelaku usaha mikro yang ingin mendapatkan BLT UMKM Rp2,4 juta ini dapat mendaftarkan diri ke dinas koperasi dan UMKM provinsi dan kabupaten/kota, koperasi yang telah disahkan sebagai badan hukum, kementerian/lembaga.


Selain itu juga, bisa mendatangi perbankan dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK dan Lembaga Penyalur Program Kredit Pemerintah yang terdiri dari BUMN dan BLU.


Bagi Anda yang berhasil lolos mendapatkan BLT UMKM Rp2,4 juta, maka akan mendapat pemberitahuan dari pihak bank penyalur.


Adapun dokumen yang harus dibawa saat proses pencairan BLT UMKM Rp2,4 juta di bank di antaranya;


1. Buku tabungan


2. Kartu ATM


3. Identitas diri (KTP/KK)