SIMAK! Berikut 5 BLT yang Cair Desember 2020, Bisa Dapatkan 300 Ribu Hingga 2.4 Juta

SIMAK! Berikut 5 BLT yang Cair Desember 2020, Bisa Dapatkan 300 Ribu Hingga 2.4 Juta

Kamis, 10 Desember 2020

Belajardirumah.org - Rekan-rekan semua dimanpaun berada, Berikut daftar 5 BLT yang cair Desember 2020. Menjelang akhir tahun 2020, program pemerintah berupa dana hibah seperti bantuan langsung tunai atau BLT masih disalurkan kepada masyarakat yang terdampak krisis ekonomi saat pandemi Covid-19.


Daftar 5 BLT tersebut terdiri dari BST PKH, subsidi gaji BLT BPJS Ketanagakerjaan, subsidi gaji BLT guru honorer Kemendikbud, subsidi gaji BLT guru honorer Kemenag, dan BLT UMKM BPUM.


Masyarakat bisa mendapatkan kesempatan memperoleh dana hibah sebesar 300 Ribu rupiah hingga Rp2,4 juta.


Berdasarkan rangkuman dari tim Fix Indonesia, berikut daftar BLT yang Cair Desember 2020:


1. Bansos BST PKH


Bantuan sosial tunai (BST) program keluarga harapan yang kemudian disingkat PKH, adalah bantuan pemerintah dari Kementerian Sosial.


Kemensos masih menyalurkan Bansos BST PKH sebesar 300 Ribu rupiah per KK PKH hingga akhir tahun 2020 untuk masyarakat yang menjadi keluarga penerima manfaat (KPM). Bahkan, rencananya BST ini akan diperpanjang pada 2021.


Untuk mendapatkan Bansos BST 300 Ribu rupiah PKH dari Kemensos, masyarakat harus mendaftarkan diri dengan cara mendatangi RT/RW setempat dengan membawa lampiran fotokopi KTP untuk dibuatkan data pembukuan rekening bank Himbara.


2. BLT BPJS Ketenagakerjaan


Program subsidi gaji BLT BPJS Ketenagakerjaan merupakan bantuan pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan yang diberikan kepada pekerja swasta.

Kemnaker menyalurkan bantuan subsidi gaji BLT BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp1,2 juta untuk periode November-Desember 2020.


Menurut Menaker Ida Fauziyah, BLT subsidi gaji ini masih dalam proses penyaluran kepada 5.124 pekerja.


Subsidi gaji BLT BPJS Ketenagakerjaan ini diberikan kepada pekerja yang memenuhi syarat yaitu WNI, pekerja penerima upah, tercatat sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan per 30 Juni 2020, upah di bawah Rp5 juta, dan memiliki rekening aktif.


3. BLT UMKM BPUM


Hingga akhir tahun, Kemenkop UKM masih menyalurkan BLT UMKM BPUM kepada masyarakat berstatus pengusaha mikro, kecil, dan menengah yang tengah menjalankan usaha produktif di masa pandemi Covid-19.


Untuk memastikan apakah mendapatkan BLT UMKM Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau tidak, bisa login ke situs eform.bri.co.id/bpum dengan menggunakan nomor NIK KTP dan kode verifikasi yang tertera.


Masing-masing pelaku usaha mikro akan menerima transferan dana sebesar Rp2,4 juta yang langsung ditransfer ke rekening masing-masing.


4. BLT Guru Honorer Kemenag


BLT Guru Honorer Kemenag merupakan salah satu BLT yang Cair Desember 2020, Bantuan ini akan disalurkan kepada guru non-PNS, rencananya bantuan ini akan cair minggu ini.


Kementerian Agama mulai menyalurkan subsidi gaji BLT guru honorer kepada 636.381 guru non-PNS pada RA/Madrasah dan PAI sekolah umum.


Para guru non PNS ini nantinya akan menerima dana BLT guru honorer sebesar Rp1,8 juta yang ditransfer langsung ke rekening yang bersangkutan. Penyaluran bantuan dibayarkan satu kali untuk 3 bulan, yakni Oktober, November, dan Desember.


Syarat menjadi penerima BLT guru honorer Kemenag adalah guru yang tercatat di Emis, Simpatika, atau SIAGA yang telah direview oleh Itjen Kemenag dan dipadankan dengan data penerima program Pra Kerja dan BSU lainnya melalui BPJS Ketenagakerjaan.


Tak hanya itu, mereka juga adalah para guru yang telah diverifikasi memenuhi kriteria yakni memiliki NIK KTP, berpenghasilan kurang dari Rp5 juta, serta bukan penerima program Kartu Prakerja atau BLT subsidi gaji lainnya.