TERAKHIR Kali Ini, Ini Cara Dapat Bansos BST Rp300 Ribu, Cuma Modal KTP -->

TERAKHIR Kali Ini, Ini Cara Dapat Bansos BST Rp300 Ribu, Cuma Modal KTP

Senin, 21 Desember 2020

Belajardirumah.org -   Bansos BST Rp300 Ribu bagi KK PKH hanya sampai Desember 2020, segera cek nama penerima di link berikut cuman pakai KTP.


Sekertaris Jenderal Kementerian Sosial (Kemensos), Hartono Laras mengatakan Bantuan Sosial Tunai (BST) akan disalurkan hingga enam bulan pertama ditahun 2021 dan akan menyasar 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM). 


“Sesuai arahan Presiden, Menteri Sosial (Mensos) telah menginstruksikan kami untuk menyalurkan bantuan sosial (Bansos) di awal tahun 2021,” ujarnya pada Jumat 4 Desember 2020 seperti dikutip FIX INDONESIA dari Antara.


Selain itu, lanjut dia, ada Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan program keluarga harapan (PKH) bagi 10 juta keluarga penerima manfaat yang akan segera direalisasikan di awal tahun nanti.


Namun sayangnya Bansos BST Rp 300 Ribu bagi KK PKH sebesar Rp 300 Ribu perbulan hanya berlaku hingga bulan Desember 2020, sebab meski tahun depan tetap dilanjutkan, kisaran bantuan akan dikurangi.


"Alokasi BPNT atau program kartu sembako ini alokasinya untuk 18,8 juta KPM yang setiap bulannya mendapatkan Rp200 ribu," terangnya.


Dikatakan Hartono, program ini merupakan salah satu fokus pemerintah pada tahun 2021, meliputi sektor pendidikan, sektor kesehatan, infrastruktur dan perlindungan sosial.


Untuk mengetahui sudahkah menjadi penerima BST Bansos Rp300 ribu dari Kemensos, masyarakat bisa cek melalui https://dtks.kemensos.go.id, dengan cara:


  1. Buka link https://dtks.kemensos.go.id
  2. Pilih ID, Anda bisa memilih salah satu identitas yang akan dicek (NIK, ID DTKS atau nomor PBI JK/KIS). Agar mudah, pilih NIK.
  3. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  4. Masukkan nama sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  5. Ketik ulang kode Captcha yang sesuai dengan tampilan secara tepat
  6. Klik kata 'cari' lalu akan muncul data apakah Anda penerima bantuan sosial bansos BST.

Uang bantuan akan disalurkan ke rekening Anda melalui Bank Himbara, yaitu Empat bank itu diantaranya Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Tabungan Negara (BTN).


Bagi Anda yang tidak memiliki rekening Bank tidak perlu khawatir sebab dalam penyalurannya, Kemensos sendiri telah bekerja sama dengan PT Pos Indonesia agar bisa langsung diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan agar tepat sasaran.


Menurut Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi, Pos Indonesia membuka pelayanan di luar Kantor Pos seperti di kantor desa, kelurahan, sekolah, dan lokasi lain yang dekat dengan masyarakat.


“Semuanya dalam rangka mematuhi protokol kesehatan sehingga mengurangi antrean dan kerumunan,” ujar Faizal.


Apabila nama Anda terdata sebagai penerima bansos BST Rp300 ribu tersebut jangan lupa untuk membawa dokumen atau persyaratan berikut ini ke kantor Pos terdekat:


1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)

2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

3. Bawa dokumen asli KTP dan KK.