44 Link Pendaftaran BLT UMKM 2,4 juta Sudah Buka? Simak Penjelasan Lengkap Disini -->

44 Link Pendaftaran BLT UMKM 2,4 juta Sudah Buka? Simak Penjelasan Lengkap Disini

Jumat, 15 Januari 2021

Belajardirumah.org -  Awal Januari 2021 ini sejumlah bantuan sosial (bansos) mulai disalurkan ke masyarakat. Lantas apakah BLT UMKM sudaj dibuka?


Beberapa hari lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan bantuan modal kerja untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebesar Rp 2,4 juta.


Lantas apakah program BLT UMKM sudah dibuka? Berikut penjelasannya.


Sebelumnya Pemerintah sendiri berencana untuk memperpanjang program tersebut hingga tahun 2021.


Namun hingga saat ini belum ada pernyataan resmi Kemenkop UKM soal BLT UMKM 2021. Di website resmi maupun Instagram belum ada pemberitahuan soal ini.


Portal Sulut mencoba mengkonfirmasi program ini ke Dinas Koperasi dan UMKM Pemkot Kotamobagu Provinsi Sulawesi Utara.


Kabid Koperasi dan UMKM Meiva Najoan menjelaskan jika sampai saat ini belum ada pemberitahuan soal pembukaan BLT UMKM. "Belum ada pemberitahuan dari Provinsi Sulut," jelasnya.


Portal Sulut juga mencoba membuka website pendaftaran di daerah yang pada tahun 2020 dibuka untuk pendaftaran. Namun belum ada yang membuka pendaftaran untuk BLT UMKM 2021.


"Maaf, file yang Anda minta telah dihapus," salah satu link tersebut.


"Pendaftaran BPUM Sudah ditutup.

Terimakasih," narasi link tersebut.


Seperti diketahui, beberapa daerah di tahun 2020 lalu membuka pendaftaran melalui online.


Berikut link bantuan UMKM yang tersedia di beberapa daerah:


1. https://tinyurl.com/BPUMska32 dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Surakarta.


2. bit.ly/bansospusatsmg dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang.


3. https://tiny.cc/yl20tz dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang.


4. KLIK DISINI untuk Kabupaten Bandung


5. KLIK DISINI untuk Kabupaten Bogor


Sekedar diketahui dalam pemaparan Presiden Jokowi awal tahun lalu, ada beberapa bansos yang akan dilanjutkan di tahun 2021 ini.


Berikut daftar bansos Covid-19 yang bisa dinikmati di 2021:


1. Program Keluarga Harapan (PKH)


Penerima bansos PKH sebanyak 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Saat ini bansos ini sedang berlangsung dan akan disalurkan dalam 4 tahap mulai Januari, April, Juli, dan Oktober melalui bank BUMN.


Adapun besaran bansos PKH yang diterima dalam satu tahun: Untuk ibu hamil senilai Rp3 juta, anak usia dini senilai Rp3 juta, penyandang disabilitas berat senilai Rp2,4 juta, dan lansia 70 tahun ke atas senilai Rp2,4 juta.


Bansos ini juga diberikan kepada anak sekolah. Bagi duduk di bangku SD/MI/sederajat akan mendapatkan Rp 900 ribu. Kemudian SMP/MTs/sederajat akan mendapatkan Rp 1,5 juta. Bagi pelajar SMA/MA/ sederajat akan mendapatkan Rp 2 juta yang bisa di cek di dtks.kemensos.go.id.


2. Program Sembako/Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)


Program sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepesertaannya ditetapkan sebanyak 18,5 juta KPM. Nilai bantuan yang diberikan sebesar Rp 200 ribu/KPM/bulan.


Jika tahun lalu disalurkan dala bentuk barang meliputi sembako, untuk 2021 ini disalurkan lewat bank-bank BUMN mulai Januari hingga Desember.


Bagi yang ingin cek bansos Kartu Sembako/BPNT bisa klik dtks.kemensos.go.id.


3. Bansos Tunai


Nilai bansos tunai yang diterima setiap KPM sebesar Rp300 ribu per bulan. Bantuan disalurkan melalui PT Pos Indonesia (Persero) selama 4 bulan (Januari, Februari, Maret, dan April).


4. Kartu Prakerja


Program Kartu Prakerja dipastikan bakal terus berlanjut hingga 2021 mendatang. Pemerintah memastikan sudah menyiapkan anggaran Rp 10 triliun untuk program tersebut di tahun ini.


5. Diskon Listrik


Program token listrik gratis dan diskon tarif listrik bagi pelanggan PLN juga diperpanjang hingga Maret 2021. Stimulus itu diberikan bagi pelanggan kategori rumah tangga daya 450 VA dan 900VA bersubsidi, serta kategori bisnis dan industri daya 450 VA.


Belum ada kepastian pendaftaran ini akhirnya memunculkan informasi pendaftaran palsu beredar di medsos.