ALHAMDULILLAH RESMI! Presiden Jokowi Umumkan 6 Jenis Bansos Ini Kembali Cair 2021, Berikut Ini Daftarnya -->

ALHAMDULILLAH RESMI! Presiden Jokowi Umumkan 6 Jenis Bansos Ini Kembali Cair 2021, Berikut Ini Daftarnya

Sabtu, 02 Januari 2021

Belajardirumah.org -   Presiden Jokowi kembali mengumumkan bahwa ada 6 jenis Bansos BLT yang akan kembali cair diawal tahun 2021, berikut daftarnya.


Untuk menghindari korupsi Bansos, Pemerintah Indonesia tidak akan mengadakan bantuan sosial (bansos) dalam bentuk sembako di tahun 2021, tetapi bansos sekarang akan diberikan dalam bentuk tunai.


Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan bansos tunai ini akan diberikan melalaui PT Pos Indonesia dan Bank, selain itu bansos tunai baru akan diterapkan di wilayah Jabodetabek.


"Yang dulu diberikan dalam bentuk sembako, terutama untuk Jabodetabek sudah kita putuskan sekarang tunai lewat pos atau lewat bank," ujar Joko Widodo dalam siaran pers di Instana Negara, Dikutip Fix Indonesia dari laman berita Antara, Rabu 30 Desember 2020.


Program bansos tunai ini sudah termasuk dalam pembahasan bersama para Kabinet Indonesia Maju dala upaya melanjutkan dan mempersiapkan Bansos tahun 2021.


Bansos tunai itu rencananya akan dikucurkan pada Januari 2021 tepatnya dimulai Senin, 4 Januari 2021.


Jokowi juga ingatkan para kabinet agar penerima bansos harus tepat sasaran, terutama terkait data. Kabinet juga perlu bekoordinasi dengan pemda agar dapat terlasurkan secara merata.


"Ini sudah saya ulang-ulang, jangan sampai ada potongan-potongan apapun seperti kejadian di bansos Jabodetabek. Betul-betul kirim ke rekening penerima manfaat. Jadi proses digitalisasi data bansos yang diintegrasikan dengan 'banking system' saya kira itu yang kita inginkan," pungkasnya.


Presiden RI Joko Widodo mengatakan setidaknya ada 6 jenis bansos BLT yang akan kembali disalurkan kepada masyarakat di tahun 2021 ini, diantaranya adalah:


1. Bantuan Sosial Tunai


Terkait program Bantuan Sosial Tunai (BST) pemerintah juga menyiapkan 12 triliun untuk 10 juta KPM.


Bantuan Rp300 ribu perbulan ini akan kembali disalurkan Kementrian Sosial mulai minggu pertama bulan Januari 2021. Bantuan ini diperuntukan khusus bagi 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM). 


Untuk mengecek nama penerima di laman dtks.kemensos.go.id hanya dengan menggunakan NIK KTP. 


2. Program Kartu Sembako


Dari jumlah anggaran tersebut Presiden Jokowi merincikan sebanyak Rp45,1 triliun disiapkan untuk Program Kartu Sembako yang akan disalurkan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat.


Program yang biasa di sebut dengan bantuan pangan non tunai ini dijalankan oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Penyaluran nya akan dilakukan pada pekan pertama bulan januari 2021 ini.


3. Program Keluarga Harapan


Dalam Program keluarga Harapan (PKH) pemerintah menyiapkan Rp28,7 triliun untuk 10 juta KPM selama 4 triwulan. Rencananya BLT KPM PKH ini cair mulai 4 Januari 2021 mendatang. 


Program ini juga merupakan program yang dibawah naungan Kemensos yang rencananya akan disalurkan pada bulan ini.


Kemudian akan disalurkan dalam 4 tahap, yaitu pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober melalui bank Himbara yang telah ditetapkan pihak Kemensos.


4. Program Kartu Prakerja


Pemerintah telah menganggarkan untuk Program Kartu Prakerja Rp10 triliun yang nantinya bisa digunakan untuk pelatihan meningkatkan skill para calon pekerja.


Program ini merupakan program lanjutan dari tahun lalu dan berada di bawah Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).


Pada tahun 2021, Program Kartu Prakerja berarti akan membuka gelombang baru yaitu gelombang 12. Untuk Informasi lebih lanjut Anda dapat mengakses website www.prakerja.go.id


5. BLT Dana Desa


Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa memiliki anggaran Rp14,4 triliun yang siap di salurkan untuk para penerima manfaat.


Masing-masing penerima nantinya akan mendapatkan dana bantuan sebesar Rp600 ribu per keluarga selama tiga bulan.


Jika Anda tertarik untuk mendapatkan BLT Dana Desa, cara daftarnya sangat mudah yaitu dengan segera lapor dan tanyakan ke aparat desa setempat masing-masing. Namun ada syarat khusus bagi warga yang ingin mendapatkan program ini yaitu Anda belum menerima Jaring Pengaman Sosial lain


6. Subsidi Token Listrik PLN


Bantuan yang terakhir dan akan disalurkan bulan ini adalah diskon listrik bagi masyarakat diseluruh Indonesia.


Itulah Enam Program Bansos yang akan cair bulan Januari dan sudah disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi agar bisa segera tersalurkan.


Untuk mendapatkan Subsidi Token Listrik dari PLN, Anda dapat mengakses www.pln.co.id kemudian pilih menu ‘Stimulus Covid-19’ (token gratis/diskon). (Sumber: pikiran-rakyat.com)