CATAT! BLT Ibu Rumah Tangga Disalurkan 4 Tahap, Bulan Ini Sudah Cair Nih, Cek Nama Penerima DISINI

CATAT! BLT Ibu Rumah Tangga Disalurkan 4 Tahap, Bulan Ini Sudah Cair Nih, Cek Nama Penerima DISINI

Senin, 11 Januari 2021

Belajardirumah.org -  Direktur Jaminan Sosial Keluarga (JSK), Rachmat Koesnadi mengatakan, BLT ibu rumah tangga sudah dicairkan melalui Himbara. Program ini akan disasarkan pada 10 juta keluarga yang memenuhi kriteria. Indeks bantuan yakni Rp200 ribu/keluarga.


PKH akan disalurkan dalam empat tahap (Januari, April, Juli, dan Oktober) melalui Bank HIMBARA. "Sudah cair untuk PKH," ujar Rachmat saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Senin (11/1/2021).


Lanjutnya, bantuan langsung tunai ini sudah diambil oleh para penerima yang membutuhkan. Ditambah serta sudah disalurkan dengan tepat sasaran.


"Diperkirakan Lebih dari 8 Juta KPM (keluarga penerima manfaat) yang sudah cair, hari ini sedang ditarik datanya dari Himbara. Sebagian besar sudah diambil KPM PKH," tandasnya


Sebagai informasi ada tiga bansos yang akan disalurkan pemerintah yakni adalah bansos program keluarga harapan (PKH), program kartu sembako, dan bansos tunai.


Rincinya, PKH dengan anggaran Rp 7,17 triliun disalurkan untuk 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Program kartu sembako dengan anggaran sebesar Rp 3,76 triliun untuk 18,8 juta KPM. Program bansos tunai dengan anggaran Rp 13,93 triliun untuk 10 juta KPM.


"Pemerintah telah menyiapkan anggaran di tahun 2021 sebesar Rp 110 triliun untuk program bantuan sosial bagi seluruh penerima di 34 provinsi di Indonesia dalam rangka membantu masyarakat mengatasi dampak pandemi COVID-19 serta menggerakkan ekonomi nasional," dikutip dari Instagram Kemensos, Sabtu (9/1/2020).