CATAT! Daftar Bansos 2021 yang Siap Diberikan Mensos Risma, Ingat! Semua Diberikan Bentuk Tunai -->

CATAT! Daftar Bansos 2021 yang Siap Diberikan Mensos Risma, Ingat! Semua Diberikan Bentuk Tunai

Minggu, 03 Januari 2021

Belajardirumah.org -  Berikut ini daftar Bansos yang diberikan Mensos Risma ditahun 2021. Pemerintah kembali memberikan Bantuan Sosial (Bansos) dengan skema yang sedikit berbeda, yaitu dengan sistem tunai atau Bantuan Langsung Tunai (BLT).


Ditahun 2021, Pemerintah Indonesia tidak akan mengadakan lagi bantuan sosial (bansos) dalam bentuk sembako, tetapi bansos sekarang semua akan diberikan dalam bentuk tunai atau dalam bentuk BLT.


Melansir siaran pers di Instana Negara, dalam rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Jokowi, Rabu 30 Desember 2020. Hal ini dilakukan agar bantuan dapat sampai tepat sasaran dan menghindari adanya pemotongan seperti kasus Bansos ditahun 2020.


"Ini sudah saya ulang-ulang, jangan sampai ada potongan-potongan apapun seperti kejadian di bansos Jabodetabek. Betul-betul kirim ke rekening penerima manfaat. Jadi proses digitalisasi data bansos yang diintegrasikan dengan 'banking system' saya kira itu yang kita inginkan," pungkasnya.


Jokowi juga ingatkan para kabinet agar penerima bansos harus tepat sasaran, terutama terkait data. Kabinet juga perlu bekoordinasi dengan pemda agar dapat terlasurkan secara merata.


Pemerintah Indonesia akan anggarkan sebanyak Rp 110 Triliun dalam APBN untuk melanjutkan program bansos di tahun 2021.


Dari sejumlah anggaran itu, dia memerinci, sebanyak Rp45,1 triliun disiapkan untuk program kartu sembako yang akan disalurkan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM), masing-masing Rp200.000 per bulan.


Kemudian untuk Program Keluarga Harapan, pemerintah menyiapkan Rp28,7 triliun untuk 10 juta KPM selama empat triwulan. Selanjutnya, untuk bansos tunai pemerintah menyiapkan Rp12 triliun bagi 10 juta KPM, masing-masing Rp300.000 selama empat bulan.


Selanjutnya Program Kartu Prakerja Rp10 triliun, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Rp14,4 triliun serta ditambah dengan diskon listrik selama enam bulan ini Rp3,78 triliun.


Dibawah Kementrian Sosial, berikut ini adalah sejumlah bantuan yang akan diberikan Menteri Sosial Tri Rismaharini yang menyatakan bantuan sosial (bansos) bagi warga yang terdampak COVID-19 akan mulai disalurkan pada 4 Januari 2021.


1. Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)


Sebanyak Rp45,1 triliun disiapkan untuk pengganti program sembako yang akan disalurkan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM), masing-masing Rp200.000 per bulan untuk Januari sampai dengan Desember.


Hal ini sebagai skema pengganti penyaluran bantuan yang mulanya berbentuk sembako menjadi nominal tunai sebesar Rp200 ribu.


2. Program Bantuan Sosial Tunai (BST)


Pada 2021 ditargetkan untuk 10 juta orang penerima termasuk di Jabodetabek yang disalurkan oleh PT Pos Indonesia dengan indeks bantuan per bulannya adalah Rp300.000 bagi setiap penerima manfaat pada Januari hingga April 2021.


Untuk mengetahui apakah Anda adalah salah satu penerima Bansos BLT dari Kemensos pada 4 Januari 2021, Anda dapat mengeceknya terlebih dahulu di https://dtks.kemensos.go.id


3. Program Keluarga Harapan (PKH)


Pemerintah menyiapkan Rp28,7 triliun untuk 10 juta KPM selama empat triwulan.


Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.


Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka.


Bantuan ini yang ditujukan untuk 10 juta penerima manfaat dengan penyalur Bank Himbara (BRI, BNI, dan BTN) ke masing-masing nomor rekening pemegang KKS yang akan diberikan dalam 4 tahap yaitu Januari, April, Juli dan Oktober.