CATAT! Ini 3 Bantuan Tunai Cair di Januari 2021, dari BLT Anak Sekolah hingga Bansos Rp300.000, Cek Nama Penerima DISINI -->

CATAT! Ini 3 Bantuan Tunai Cair di Januari 2021, dari BLT Anak Sekolah hingga Bansos Rp300.000, Cek Nama Penerima DISINI

Selasa, 12 Januari 2021

Belajardirumah.org -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan tiga bantuan tunai se-Indonesia pada Senin 4 Januari 2021. Bantuan tersebut meliputi, Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai (BST).


Dilansir melalui laman Instagram Kementerian Sosial RI Jakarta, Selasa (12/01/2021), Pemerintah telah menyiapkan anggaran bantuan sosial di 2021 untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 serta mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).


“Pemerintah telah menyiapkan anggaran di tahun 2021 sebesar Rp110 triliun untuk bantuan sosial bagi seluruh penerima di 34 provinsi di Indonesia dalam rangka membantu masyarakat mengatasi dampak pandemi #COVID19 serta menggerakkan ekonomi nasional,” tulis @kemensosri dalam unggahannya.


Adapun tiga bansos tersebut ialah sebagai berikut:


1. Program Keluarga Harapan (PKH)


Bantuan PKH disalurkan melalui empat tahap, dimulai dari Januari, April, Juli, dan Oktober. Rincian bantuan meliputi Bantuan tunai untuk ibu hamil sebesar Rp3 juta, anak usia dini Rp3 Juta, Penyandang disabilitas berat Rp2,4 juta, dan lansia 70 tahun ke atas Rp2,4 Juta.


Anak sekolah juga mendapat bantuan sebesar Rp900 ribu untuk SD/MI/Sederajat, Rp,5 juta bagi SMP/MTs/Sederajat, serta Rp2 juta untuk SMA/MA/Sederajat. Pemerintah telah menunjuk sejumlah bank negara sebagai penyalur yaitu BNI, BRI, Mandiri, dan BTN.


2. Program Kartu Sembako


Program kartu sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) diberikan setiap bulan mulai januari hingga deseber dengan jumlah Rp200 ribu per keluarga. Bantuan ini bisa disalurkan melalui himpunan Bank Negara yaitu BNI, BRI, Mandiri, dan BTN. Pencairan bantuan bisa diambil di e-Warong terdekat.


3. Bantuan Sosial Tunai (BST)


Bantuan Sosial Tunai (BST) menargetkan jumlah penerima sebanyak 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia. Nilai bantuan yang diterima setiap bulannya sebesar RP300 ribu per keluarga. BST disalurkan melalui PT Pos Indonesia selama 4 bulan, pada Januari, Februari, Maret, dan April.


Pada peluncuran Bantuan Tunai se-Indonesia tahun 2021 di Istana Negara, Jokowi berpesan kepada penerima bantuan agar memanfaatkan bantuan dengan tepat. Dia menegaskan, melarang para penerima bantuan menggunakan uang tersebut untuk membeli rokok.