CEK Disini Menaker Ida Beri Kejelasan Soal Pencairan BSU BLT Termin 3 -->

CEK Disini Menaker Ida Beri Kejelasan Soal Pencairan BSU BLT Termin 3

Jumat, 29 Januari 2021

Belajardirumah.org -  Masyarakat Indonesia masih dilanda kebingungan soal pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BPJS Ketenagakerjaan Termin 3 pada 2021.


Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah memberikan kejelasan soal pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan Termin 3 alias Bantuan Subsidi Upah (BSU) Termin 3.


Namun, Menaker Ida belum bisa memastikan jadwal pasti BLT BPJS Ketenagakerjaan Termin 3 disalurkan pada tahun 2021 atau tidak.


Kendati demikian, Menaker Ida mengetahui masih banyak masyarakat Indonesia yang berharap BLT BPJS Ketenagakerjaan Termin 3 bisa dilanjutkan pada tahun 2021.


Akan tetapi dari pihak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) belum memberikan aba-aba terkait penggunaan dana APBN 2021 untuk mendanai pencairan BSU Termin 3.


Di sisi lain, ada kabar baik bagi masyarakat yang belum menerima BLT BPJS Ketenagakerjaan Termin 2 sebab Menaker Ida membeberkan bahwa pencairan masih bisa dilakukan di Januari 2021.


Menaker Ida sudah berkoordinasi dengan pihak Kemenkeu agar para pekerja yang belum mendapatkan haknya untuk menerima BLT BPJS Ketenagakerjaan Termin 2 masih diperbolehkan mencairkan BSU hingga akhir Januari 2021.


Bagi Anda yang ingin tahu apakah BSU sudah cair atau belum, silakan langsung cek laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.


1. Untuk mengecek apakah BLT BPJS Ketenagakerjaan sudah cair atau belum, silakan langsung masuk ke laman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/


2. Bagi Anda yang belum memiliki akun di laman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ tetapi ingin mendaftar, bisa segera klik daftar pengguna


3. Bagi Anda yang sudah memiliki akun di laman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/, silakan langsung pilih tombol PU (Penerima Upah)


4. Kemudian tinggal memasukkan alamat email yang Anda daftarkan di perusahaan tempat Anda bekerja sewaktu mendaftar sebagai penerima BSU


Menurut keterangan laporan data yang diunggah akun Instagram Kemnaker, BSU 2020 Termin I sudah dicairkan kepada sebanyak 12.293.134 pekerja dan BSU 2020 Termin II dicairkan kepada sebanyak 12.244.169 pekerja.


Jadi itulah tanggapan Menaker Ida soal apakah BLT BPJS Ketenagakerjaan Termin 3 akan lanjut dicairkan pada tahun 2021 atau tidak serta cara cek apakah BSU sudah cair atau belum di laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.***