CEK SEGERA NAMA ANDA! PKH Tahap Pertama 2021 Cair untuk Bank BRI, BNI, Ini Bank Berikutnya yang Akan Cair

CEK SEGERA NAMA ANDA! PKH Tahap Pertama 2021 Cair untuk Bank BRI, BNI, Ini Bank Berikutnya yang Akan Cair

Kamis, 07 Januari 2021

Belajardirumah.org - Sesuai dengan dana yang telah dianggarkan untuk bantuan sosial dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia, pemerintah mulai menyalurkan bantuan sosial PKH (Program Keluarga Harapan) untuk masing-masing KPM (Keluarga Penerima Manfaat). PKH merupakan bantuan reguler yang disalurkan sepanjang tahun 2021.


Bantuan ini mulai dicairkan serentak pada 4 Januari 2021. KPM PKH dapat melakukan pengecekan secara bertahap pada KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) atau kartu merah putih, untuk memastikan bantuan sosial PKH telah disalurkan ke rekening KPM.


PKH akan disalurkan melalui himpunan bank milik negara (Himbara) melalui rekening masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM).


Melalui informasi yang dikutip dari kanal Youtube Inspirasi Oktara, bagi KKS BRI, BNI telah disalurkan, KPM yang memiliki KKS BTN dan Bank Mandiri dapat melakukan pengecekan bertahap dikemudian hari.


Perlu dipahami bersama, bahwa PKH disalurkan bertahap, sehingga untuk waktu penyaluran di satu daerah dengan daerah yang lain, bisa berbeda-beda atau tidak sama.


Untuk skema penyaluran bantuan sosial PKH berdasarkan skema triwulan, artinya disalurkan tiga bulan sekali, yakni pada Januari, April, Juli dan Oktober.


Kategori bantuan sosial disalurkan kepada KPM yang terdiri dari ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas, hingga lanjut usia, dengan indeks bantuan yang disalurkan berbeda-beda.


Beikut adalah indeks bantuan yang disalurkan kepada KPM PKH, berdasarkan kategori PKH:


- Ibu hamil dan anak usia 0-6 tahun akan menerima Rp250.000 per bulan


- Anak sekolah SD sebesar Rp75.000 per bulan


- Anak sekolah SMP sebesar Rp125.000 per bulan


- Anak sekolah SMA sebesar Rp166.000 per bulan


- Penyandang disabilitas berat serta lanjut usia 70 tahun ke atas akan menerima bantuan sebesar Rp200.000 per bulan


Bantuan disalurkan kepada KPM PKH yang memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kemensos.


Ditargetkan PKH disalurkan kepada 10 juta dengan anggaran Rp28,7 triliun.