KABAR Baik! BLT Subsidi Gaji Rp600 Ribu Cair Januari 2021, Ini 7 Kriteria yang Bukan Penerima -->

KABAR Baik! BLT Subsidi Gaji Rp600 Ribu Cair Januari 2021, Ini 7 Kriteria yang Bukan Penerima

Sabtu, 16 Januari 2021

Belajardirumah.org -  Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memberikan jaminan bahwa Kemnaker akan kembali menyalurkan BLT Subsidi Gaji Rp600 ribu.


BLT Subsidi Gaji Rp600 ribu ini akan diterima para pekerja selama 4 bulan. Adapun akumulasi dana yang diterima dari BLT Subsidi Gaji Rp600 ribu sebesar Rp2,4 juta.


Menaker Ida sempat memberi bocoran bahwa BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan mulai cair di bulan Januari 2021.


Bagi para pekerja yang belum terdaftar sebagai penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan di tahun sebelumnya, Anda tinggal mendaftarkan diri ke bagian HRD perusahaan tempat Anda bekerja tanpa perlu jauh-jauh pergi ke kantor cabang BPJS terdekat.


Kendati demikian, Anda perlu memperhatikan juga beberapa kriteria pegawai yang tidak bisa menjadi penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan sebagaimana ditegaskan oleh pihak Kemnaker.


Berikut ini adalah 7 kriteria pegawai yang tidak diperbolehkan menjadi penerima BLT Subsidi Gaji dari Kemnaker.


Pegawai yang Dilarang Menerima BLT Subsidi Gaji dari Kemnaker


1. BLT BPJS Ketenagakerjaan akan gagal cair bagi pegawai bukan Warga Negara Indonesia (WNI) yang tidak dapat membuktikan kepemilikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tercantum dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP).


2. BLT BPJS Ketenagakerjaan akan gagal cair apabila pegawai tersebut tidak aktif sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja di BPJS Ketenagakerjaan dan tidak bisa membuktikan nomor kartu kepesertaan.


3. BLT BPJS Ketenagakerjaan akan gagal cair bagi pegawai yang tidak membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp5 juta sesuai upah yang dilaporkan kepada pihak BPJS Ketenagakerjaan.


4. BLT BPJS Ketenagakerjaan akan gagal cair bagi mereka yang bukan pekerja/ buruh yang menerima upah.


5. BLT BPJS Ketenagakerjaan akan gagal cair apabila pegawai tidak memiliki rekening bank yang aktif.


6. BLT BPJS Ketenagakerjaan akan gagal cair bagi pegawai yang termasuk dalam peserta penerima manfaat program Kartu Prakerja.


7. BLT BPJS Ketenagakerjaan akan gagal cair bagi pegawai yang tidak terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan bulan di mana pendaftaran BLT Subsidi Gaji dibuka.


Itulah 7 pegawai yang dipastikan oleh Menaker Ida tidak akan mendapatkan BLT BPJS Ketenagakerjaan dari Kemnaker.*