MANTAP KABAR Gembira! Tetap Dapat BLT Rp300 Ribu dari Kemensos Meski Nama Tidak Tercatat di dtks.kemensos.go.id -->

MANTAP KABAR Gembira! Tetap Dapat BLT Rp300 Ribu dari Kemensos Meski Nama Tidak Tercatat di dtks.kemensos.go.id

Minggu, 17 Januari 2021

Belajardirumah.org -  Kabar beredar bahwa masyarakat yang namanya tidak tercantum dalam daftar DTKS Program Keluarga Harapan (PKH) milik Kementerian Sosial (Kemensos) tidak akan bisa mendapatkan BLT Rp300 ribu.


Akan tetapi kabar tersebut bisa dipastikan salah karena Anda tetap bisa menjadi penerima BLT Rp300 ribu meski nama Anda tidak tercatat di dtks.kemensos.go.id.


Penasaran bagaimana caranya mendapatkan BLT Rp300 ribu dari Kemensos meski nama Anda tidak tercatat di dtks.kemensos.go.id? Simak caranya di sini!


Apabila nama Anda tidak tercatat di dtkas.kemensos.go.id tetapi ingin tetap mendapatkan BLT Rp300 ribu dari Kemensos, maka Anda bisa mendaftarkan diri.


Cara mendaftarkan diri untuk jadi penerima BLT Rp300 ribu adalah dengan melaporkan diri ke Kepala Desa atau pihak Kelurahan setempat.


Sewaktu melaporkan diri, Anda hanya perlu membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Setelah itu, akan diadakan musyawarah tingkat desa atau kelurahan yang membahas apakah Anda layak menjadi penerima BLT khusus Rp300 ribu atau tidak.


Akan tetapi, sebelum Anda mendaftarkan diri untuk menjadi penerima BLT Khusus Rp300 ribu, ada baiknya bagi Anda untuk melihat terlebih dahulu syarat yang harus dipenuhi sebelumnya.


Berikut adalah syarat penerima BLT Khusus Rp300 ribu yang namanya tidak terdaftar dalam dtks.kemensos.go.id.


Syarat Pendaftar BLT Khusus Rp300 Ribu


  1. Calon pendaftar yang namanya tidak terdaftar di dtks.kemensos.go.id berhak menerima BLT Rp300 ribu apabila termasuk dalam daftar rakyat miskin yang pendataannya dilakukan oleh RT/RW atau yang lokasi tempat tinggalnya berada di desa.
  2. Calon pendaftar yang namanya tidak terdaftar di dtks.kemensos.go.id berhak menerima BLT Rp300 ribu apabila mereka kehilangan pekerjaan atau mata pencaharian akibat pandemi COVID-19.
  3. Calon pendaftar yang namanya tidak terdaftar di dtks.kemensos.go.id berhak menerima BLT Rp300 ribu apabila nama mereka tidak terdaftar sebagai penerima bansos lain dari pemerintah pusat.
  4. Calon pendaftar yang namanya tidak terdaftar di dtks.kemensos.go.id berhak menerima BLT Rp300 ribu apabila tidak mendapatkan bansos lain serta sudah mendaftarkan diri ke aparat desa atau RT/RW setempat.
  5. Calon pendaftar yang namanya tidak terdaftar di dtks.kemensos.go.id berhak menerima BLT Rp300 ribu meskipun tidak memiliki NIK dan KTP dengan syarat berdomisili di desa atau tempat dirinya mendaftarkan diri.


Jika nantinya Anda dinyatakan berhak menerima BLT Khusus Rp300 ribu, maka bansos akan disalurkan melalui bank BUMN seperti BRI, BNI, Mandiri, dan BTN.


Itulah cara dan syarat yang harus Anda penuhi apabila nama Anda tidak terdaftar di dtks.kemensos.go.id tetapi merasa pantas untuk mendapatkan BLT Rp300 ribu dari Kemensos. Semoga bermanfaat.***