MUDAH! Inilah Caranya Supaya Dapat BST Rp300 Ribu dari Kemensos -->

MUDAH! Inilah Caranya Supaya Dapat BST Rp300 Ribu dari Kemensos

Senin, 25 Januari 2021

Belajardirumah.org -   Dalam konferensi pers virtual di Kantor Presiden yang digelar pada hari Selasa, 29 Desember 2020, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengumumkan bahwa Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp300 ribu akan berlanjut hingga ke tahun 2021.


Pada tahun 2021 tepatnya tanggal 4 Januari, pihak Kementerian Sosial (Kemensos) telah secara resmi mulai menyalurkan BST Rp300 ribu. Pengumuman penyaluran BST Rp300 ribu ini telah dikonfirmasi langsung oleh akun Instagram resmi Kemensos yang bernama @kemensosri.


Perlu dicatat bahwa penyaluran BST Rp300 ribu dari Kemensos yang dimulai pada tanggal 4 Januari 2021, hanya ditujukan untuk nama-nama yang sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).


Penyaluran BST Rp300 ribu sendiri akan berlangsung dari bulan Januari hingga bulan April. Jadi bagi Anda yang belum terdaftar sebagai penerima BST Rp300 ribu dari Kemensos, masih memiliki kesempatan untuk segera mendaftarkan diri.


Bagi Anda yang belum terdaftar sebagai penerima BST Rp 300 ribu, Anda bisa langsung mendaftar apabila memenuhi persayaratan sebagaimana tercantum di bawah ini.


Syarat Penerima BST Rp300 Ribu dari Kemensos


1. Calon penerima merupakan masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/ RW dan berada di desa.


2. Calon penerima adalah mereka yang kehilangan mata pencaharian di tengah pandemi COVID-19.


3. Calon penerima tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial lain dari pemerintah pusat seperti PKH, Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) ataupun Kartu Prakerja.


4. Jika calon penerima tidak mendapatkan bantuan sosial dari program lain tapi belum terdaftar oleh RT/ RW, maka Anda dapat mendaftarkan diri melalui RT/ RW setempat.


Sangat gampang bukan? Jadi segera penuhi syarat penerima BST Rp300 ribu sebagaimana disebutkan di atas dan segera daftarkan diri Anda ke kantor RT/RW atau kantor Kelurahan setempat.


Nantinya apabila Anda sudah dikonfirmasi oleh pihak pengurus daerah setempat sebagai penerima BST Rp300 ribu dari Kemensos, maka Anda bisa langsung melakukan pengecekan dengan mengikuti cara yang disebutkan di bawah ini.


Cara Mengecek Nama Penerima BST Rp300 Ribu


1. Buka link https://dtks.kemensos.go.id/


2. Pilih ID yang akan dimasukkan. Anda bisa memilih salah satu identitas diri yang akan digunakan untuk mengecek seperti NIK, ID DTKS, atau nomor PBI JK/ KIS. Namun untuk mudahnya lebih baik menggunakan NIK yang tercantum di KTP saja.


3. Masukkan NIK KTP.


4. Masukkan nama sesuai KTP.


5. Ketik ulang kode Captcha yang diminta.


6. Klik kata Cari, setelah itu akan muncul data apakah Anda jadi penerima bansos BST atau tidak.


Demikianlah syarat yang dapat Anda penuhi untuk menjadi penerima BST Rp300 ribu dari Kemensos serta cara cek nama penerima BST Rp300 ribu melalui laman dtks.kemensos.go.id.***