PENTING! Ternyata Ini Daftar Guru Honorer yang Tak Bisa Daftar PPPK 2021, Anda Salah Satunya? Simak Segera DISINI

PENTING! Ternyata Ini Daftar Guru Honorer yang Tak Bisa Daftar PPPK 2021, Anda Salah Satunya? Simak Segera DISINI

Jumat, 01 Januari 2021

Belajardirumah.org -   Pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 akan segera dibuka Bagi para guru di seluruh Indonesia.


Demi kelancaran persiapan PPPK 2021, pemerintah terus melakukan sosialisasi dan juga koordinasi dengan berbagai lembaga lainnya untuk mematangkan persiapan formasi dan juga hal yang lainnya.


Pada seleksi pengangkatan PPPK 2021 nanti pemerintah akan membuka pengangkatan yang lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya di mana ada 1 Juta formasi.


Hal ini menjadi peluang bagi para guru honorer maupun yang lulus dari perguruan tinggi keguruan untuk bisa mengikuti seleksi.


Adapun kriteria guru yang bisa mengikuti seleksi adalah guru honorer yang terdaftar di Dapodik, baik mengajar di sekolah negeri maupun swasta, Individu yang memiliki sertifikat pendidik, Guru Honorer K2 yang pernah terdaftar di Dapodik ataupun Database BKN.


Disamping kriteria yang disebutkan di atas ada beberapa guru honorer yang tidak bisa mendaftar pada PPPK 2021, di antaranya: 


1.  Guru honorer di lingkungan Kementerian Agama


Seperti diketahui bahwa guru honorer dilingkungan Kementerian Agama ini belum mendapatkan jatah mengikuti seleksi di PPPK 2021.


2.  Guru Paud dan TK


Kategori guru Paud dan juga guru TK juga belum bisa mengikuti seleksi Perjanjian kerja ini lantaran belum ada keputusan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).


3. Guru  lulusan SMA


Guru lulusan SMA tidak akan bisa mengikuti PPPK 2021, karena salah satu syaratnya yaitu guru honorer yang terdaftar di dapodik. Sementara yang bisa mendaftar di dapodik hanyalah guru yang memiliki ijazah S1 atau D4.


4. Guru honorer berusia 59 tahun per 1 April 2020


Salah satu guru honorer terakhir yang tidak bisa mengikuti pendaftaran dari PPPK 2021 adalah guru honorer yang berusia 59 tahun.


Hal ini dikarenakan batas usia yang boleh mendaftar maksimal umur 59 tahun.


Itulah beberapa kriteria guru honorer yang bisa mendaftar dan guru honorer yang tidak bisa mendaftar di PPPK 2021 mendatang. (Sumber : Pikiran-rakyat.com)