PRESIDEN Jokowi Sampaikan Kabar Gembira untuk Masyarakat di Tahun 2021, Sudah Siapkan Anggaran Rp110 Triliun Untuk BANSOS

Advertisement

PRESIDEN Jokowi Sampaikan Kabar Gembira untuk Masyarakat di Tahun 2021, Sudah Siapkan Anggaran Rp110 Triliun Untuk BANSOS

Rabu, 06 Januari 2021

Belajardirumah.org -  Ada kabar baik soal penyaluran bantuan sosial (bansos) yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Pada tahun 2021 ini, pemerintah Indonesia telah menyiapkan anggaran untuk bansos sebesar Rp110 triliun.


Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi menyatakan bahwa penyaluran beragam bansos tersebut akan dilakukan di 34 provinsi yang ada di Indonesia.


Jokowi melanjutkan bahwa penyaluran bansos kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19 akan dilakukan dalam beberapa tahapan.


Untuk Program Keluarga Harapan (PKH) diberikan dalam empat tahap melalui Himpunan Bank Negara (Himbara).


Sementara untuk Program Bantuan Sembako akan disalurkan mulai Januari hingga Desember dengan nilai Rp200 ribu per kepala keluarga.


"Bantuan Sosial Tunai diberikan selama empat bulan Januari, Februari, Maret, April dan nilainya Rp300 ribu per bulan per kk," tambah dia dilaporkan Anadolu Agency Indonesia.


Dia berharap bantuan ini bisa meringankan beban keluarga yang terdampak Covid-19.


"Kita harapkan juga bisa menjadi pemicu untuk menggerakkan ekonomi nasional, mengungkit ekonomi nasional, memperkuat daya beli sehingga pertumbuhan ekonomi menjadi lebih baik," kata dia.


Jokowi -- sapaan akrab Joko Widodo -- menegaskan bantuan yang diterima masyarakat tidak dikenakan potongan apapun.


"Saya perintahkan kepada para menteri dan gubernur agar mengawal pengiriman ini agar cepat tetap sasaran dan diawasi tidak ada potongan apapun sehingga dampak ekonominya segera muncul," pungkas dia.***