SEGERA DAFTAR! Bansos Rp 300 Ribu 2021 Cair Lagi Mulai Ini Secara Tunai, CATAT! Berikut 3 BLT yang Diteruskan Mensos Risma

Advertisement

SEGERA DAFTAR! Bansos Rp 300 Ribu 2021 Cair Lagi Mulai Ini Secara Tunai, CATAT! Berikut 3 BLT yang Diteruskan Mensos Risma

Senin, 04 Januari 2021

Belajardirumah.org - Kabar gembira Pemerintah kembali memberi Bantuan Sosial (Bansos) yang akan disalurkan pada 4 Januari 2021 Ini.


Seperti yang disampaikan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharani Selasa, 29 Desmber 2020 lalu, yang juga menyampaikan perubahan bantuan sembako khusus daerah Jakarta berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT).


Bantuan tersebut akan diantarkan langsung oleh petugas PT Pos Indonesia ke rumah masing-masing.


"Jadi tidak perlu datang ke kantor pos karena kita khawatirkan nanti timbul kerumunan karena itu akan diantar ke masing-masing alamat dengan teknik yang sudah diatur oleh Bu Mensos," Ujar Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Selasa 29 Desember 2020 dilansir dari laman Fix Indonesia.


Harapan Mensos Risma ialah dalam seminggu di bulan Januari 2021 bansos dapat tersalurkan ke seluruh Indonesia terutama bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.


"Tapi memang ada yang khusus di Papua berbeda," katanya dalam konferensi pers di Kantor Presiden Jakarta, Selasa 29 Desember 2020.


Adapun daftar bantuan 2021 yang akan disalurkan Kemensos di antaranya:


1. Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)


BPNT ini ditujukan untuk 18,8 juta penerima dengan indeks penerima manfaat adalah Rp200.000 per bulan untuk Januari sampai dengan Desember.


2. Program Bantuan Sosial Tunai (BST)


Pada tahun 2021, Kemensos menargetkan 10 juta orang penerima termasuk di Jabodetabek mendapatkan BST Rp300 ribu pada Januari-April 2021.


3. Program Keluarga Harapan (PKH)


Bantuan PKH ini ditujukan untuk 10 juta penerima manfaat dengan sistem penyaluran empat tahap, yakni bulan Januari, April, Juli dan Oktober.


Sementara itu, saat ini masih dalam proses finalisasi terkait pembahasan berbagai skema dan data penerima bantuan untuk 2021.


"Kenapa hampir, karena kita akan mengembalikan (data) hari ini ke daerah dan (data) itu harus kembali ke pemerintah pusat tanggal 1 Januari," tuturnya.


"'Bu 1 Januari kita libur?' Kita nggak ada libur karena saya ingin menyampaikan sesuai dengan instruksi Bapak Presiden bahwa minggu pertama Januari bantuan ini sudah bisa diberikan kepada penerima manfaat bantuan," tambah Mensos Risma.


Menurutnya, rata rata belanja sembako di Indonesia per bulan adalah senilai Rp3,76 triliun atau sekitar Rp60 miliar untuk lebih dari 500 kota dan kabupaten di Indonesia.


Pada Februari 2021 mendatang pihak Kemensos akan mulai memperbaiki sistem pemberian bantuan.


"Karena Januari harus segera disalurkan maka pada bulan Februari ada mekanisme yang akan kita perbarui, yang lebih mudah namun kita lebih detail untuk melakukannya karena ada 'feedback', jadi bukan hanya kami memberikan bantuan tapi ada pelaporan untuk penerima bantuan," ucapnya.***