SEGERA Daftar dan Siapkan Syaratnya, Kuota BLT UMKM 2021 Tahun Ini 12 Juta, Cek DISINI Cara Daftar dan Syaratnya Untuk Dapat Rp 2,4 Juta -->

SEGERA Daftar dan Siapkan Syaratnya, Kuota BLT UMKM 2021 Tahun Ini 12 Juta, Cek DISINI Cara Daftar dan Syaratnya Untuk Dapat Rp 2,4 Juta

Sabtu, 30 Januari 2021

Belajardirumah.org -   Pemerintah memastikan akan melanjutkan bantuan untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tahun 2021.


Presiden Joko Widodo menyebutkan ada 7 bansos yang dilanjutkan, satu diantaranya BLT UMKM atau bantuan Presiden (Banpres) Produktif Rp2,4 juta.


Sayangnya hingga saat ini belum ada informasi kapan program ini akan dibuka.


Dikutip dari Instagram @kemenkopukm, kuota yang akan dibuka tahun 2021 ini sebanyak 12 juta UMKM.


"Pada kesempatan rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI, Kamis (21/1/2020) lalu, MenkopUKM Teten Masduki, memaparkan capaian dari Banpres Produktif Usaha Mikro yang pencairannya berlangsung sampai akhir Januari 2021.


Selain memaparkan laporan, MenkopUKM @tetenmasduki_ juga menyampaikan bahwa Kementerian Koperasi dan UKM mengusulkan kembali ke Kementerian Keuangan ( @kemenkeuri ) program Banpres Produktif Usaha Mikro di tahun 2021 dengan nominal anggaran dan jumlah penerima minimal sama dengan tahun 2020.


Semoga dengan semakin banyak pelaku usaha yang terbantukan dan bisa kembali berusaha di 2021 ini ya #SobatKUKM


Tapi, tetap sabar ya. Ikuti informasi resmi hanya di akun media sosial KemenkopUKM dan website resmi www.kemenkopukm.go.id. Waspada informasi tidak bertanggung jawab dan formulir online yang menjanjikan bantuan pendaftaran BPUM," tulis instagram @kemenkopukm

 

Seperti diketahui, tahun 2020 lalu sebanyak 12 juta UMKM telah menerima manfaat dari BLT UMKM.


Untuk tahun 2021 ini, KemenkopUKM mengusulkan anggaran Rp28.8 triliun dengan target 12 juta pelaku usaha mikri yang belum menerima pada tahun 2020.


Sementara untuk nilai bantuan masih sama Rp2,4 juta.


Nah sambil menunggu pembukaan, alangkah baiknya jika mulai mempersiapkan syaratnya.


Syarat ini merupakan syarat saat mendaftar BLT UMKM tahun 2020.


1. WNI dan mempunyai Nomor Induk kependudukan (NIK) yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul.


2. Tidak sedang menerima kredit modal dan investasi dari perbankan


3. Bukan berasal dari anggota aparatur sipil negara (ASN), TNI/Polri, dan pegawai BUMN/BUMD


Selanjutnya pelaku UMKM dapat mengajukan diri ke Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UKM) kabupaten atau kota masing-masing.


Saat mendaftar, pelaku UMKM harus membawa sejumlah berkas yang dibutuhkan, yaitu:


- NIK


- Nama lengkap


- KTP


- Alamat tempat tinggal


- Bidang usaha


- Nomor telepon


Jika tempat usaha berbeda dari domisili, maka pendafar harus meminta surat keterangan usaha (SKU) dari desa setempat.***