YANG Belum Pernah Dapat Bantuan, Inilah Program Bansos 2021 yang Telah Disiapkan Jokowi, Simak Daftarnya DISINI

Advertisement

YANG Belum Pernah Dapat Bantuan, Inilah Program Bansos 2021 yang Telah Disiapkan Jokowi, Simak Daftarnya DISINI

Jumat, 01 Januari 2021

Belajardirumah.org -   Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan program bantuan sosial (bansos) yang masih akan disalurkan pada tahun 2021.


Melalui Instagram pribadinya @jokowi menuliskan bahwa di tahun 2021 pemerintah tetap menyalurkan bantuan sosial tersebut bagi masyarakat.


"Kita sudah berada di penghujung tahun 2020, dan segera memasuki tahun yang baru. Di tahun 2021, pemerintah tetap menyalurkan bantuan sosial bagi masyarakat," tulis @jokowi, Selasa 29 Desember 2020.


Selain itu Jokowi juga mengumumkan bahwa pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp110 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2021 untuk melanjutkan program perlindungan sosial.


Adapun program yang akan dilanjutkan di tahun 2021 yaitu, Program Kartu Sembako yang diberikan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi 10 juta KPM.


Program lainnya yaitu, program Kartu Prakerja, Dana Desa dan diskon listrik. Jokowi juga menekankan kepada jajaran terkait agar mempercepat penyaluran di bulan Januari.


"Pagi tadi, dalam rapat terbatas, saya menekankan agar bansos tersebut segera disalurkan di bulan Januari. Jangan sampai mundur. Ini menyangkut daya beli masyarakat, konsumsi rumah tangga, sekaligus daya ungkit untuk memacu pertumbuhan ekonomi," tulisnya.


Lebih lanjut, Jokowi memberikan pesan kepada jajaran pemerintah agar bansos yang disalurkan tepat sasaran.


"Jika diperlukan perbaikan data, libatkan pemerintah daerah. Dan jangan ada potongan-potongan dalam bentuk apapun," ungkapnya.


Seperti yang diketahui, pemerintah telah menyalurkan berbagai program bansos untuk membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19. (Sumber : Pikiran-rakyat.com)