Mendikbud : Awas Bunda! Bantuan Kuota Internet Gratis Kemendikbud Bisa Hangus, Segera Klaim dan Lihat Cara Dapatkannya DISINI -->

Mendikbud : Awas Bunda! Bantuan Kuota Internet Gratis Kemendikbud Bisa Hangus, Segera Klaim dan Lihat Cara Dapatkannya DISINI

Selasa, 02 Maret 2021

Belajardirumah.org -  Penerima bantuan kuota internet di tahun lalu dipastikan mendapatkan bantuan lagi untuk periode Maret-Mei 2021. Namun ada satu jenis penerima yang tidak akan menerima bantuan lagi.


"Kecuali bagi kemarin yang diberikan tapi penggunaanya dibawah 1GB, artinya tidak digunakan data dengan berbagai alasan," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, pada Konferensi Pers Pengumuman Bantuan Kuota Data Internet tahun 2021, Senin (1/3/2021).


Nadiem mengatakan keputusan tersebut diberikan agar penerima bantuan lebih tepat sasaran. Ini juga merupakan hasil evaluasi pemberian bantuan yang sudah dikeluarkan tahun lalu.


Menurutnya penggunaan kuota di bawah 1GB merupakan indikasi penerima tersebut tidak membutuhkan bantuan kuota baru ini. "Karena itu adalah indikasi dari kita, mereka tidak membutuhkan kuota tersebut,' kata Nadiem.


Selain itu dia juga menyebutkan sejumlah evaluasi lain dari bantuan kuota sebelumnya. Nadiem mengakui jika pihaknya mengetahui ada yang menerima bantuan walaupun sudah lulus sekolah.


Menurutnya kasus ini beberapa terdapat di jenjang universitas. Pihak Kemendikbud juga sudah melakukan peneguran pada satuan pendidikan untuk memastikan data bantuan diperuntukkan untuk anak-anak yang masih sekolah dan melakukan validitas data.


Selain itu juga menggabungkan semua kuota menjadi satu Kuota Umum saja dengan jumlah yang lebih sedikit. Sebelumnya bantuan diberikan dengan pembagian Kuota Umum dan Kuota Belajar serta jumlah keseluruhan hingga berpuluh-puluh gigabytes.


Saat ini jumlah kuota yang diterima oleh murid PAUD adalah 7GB, murid dasar dan menengah sebesar 10GB, pendidik PAUD hingga menengah 12GB, dan 15GB bagi mahasiswa serta dosen. Seluruh kuota berlaku 30 hari setelah kuota masuk dan akan diberikan selama tiga bulan setiap tanggal 11-15 perbulannya.


Nadiem mengatakan sekarang diberikan Kuota Umum saja sebab masyarakat ingin fleksibilitas dalam penggunaanya. Misalnya untuk melakukan pencarian dalam Google yang sebelumnya lebih sulit digunaka dengan bantuan kuota internet.


Baca : Nadiem Makarim: Segera Ambil Sebelum Hangus ! Lihat Cara dan Syarat Peroleh Kuota Internet Gratis 2021 Untuk PAUD, SD, SMP, SMA, Mahasiswa Dan Dosen







Namun Kuota Umum ini tak membuat penerima bisa mudah mengakses seluruh layanan platform digital. Beberapa aplikasi dari permainan hingga media sosial seperti Facebpok, Instagram dan Tiktok.


"Tapi Kuota Umum, Youtube sudah masuk untuk digunakan. Karena kami mendengar materi pembelajaran banyak dari Youtube juga," kata Nadiem.