Solusi Bagi Honorer Yang Tidak Punya SIM PKB Untuk Akses Program Guru Belajar Calon ASN PPPK 2021 -->

Solusi Bagi Honorer Yang Tidak Punya SIM PKB Untuk Akses Program Guru Belajar Calon ASN PPPK 2021

Jumat, 05 Maret 2021

Belajardirumah.org -  Mungkin banyak dari rekan-rekan guru yang kesulitan dalam akses program belajar calon ASN PPPK 2021 karena tidak punya akun SIM PKB, untuk itu admin akan berikan solusinya yaitu Cara daftar akun SIM PKB 2021 Simak selengkapnya dibawah ini.


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah meluncurkan program guru belajar dan berbagi, seri belajar mandiri bagi calon guru aparatur sipil negara pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau ASN PPPK pada 3 Maret 2021.


Sayangnya di lapangan, banyak guru honorer yang kesulitan mengakses seri belajar mandiri gratis tersebut.


Ketua Umum Perkumpulan Honorer Guru dan Tendik Solidaritas Nasional Wiyatabakti Indonesia (SNWI) Olivia Tambariki mengungkapkan, banyak rekannya yang sudah berupaya mengakses program guru belajar tetap tidak bisa masuk.


Kendalanya karena tidak memiliki sistem informasi manajemen untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan atau SIM PKB.


"Sampai hari ini banyak guru honorer kebingungan dengan cara masuk program guru belajar melalui SIM PKB karena banyak guru tidak ada SIM PKB," kata Olivia kepada JPNN.com, Jumat (5/3).


Masalah lainnya yang dikeluhkan guru honorer adalah jurusannya tidak ada di SIM PKB.


Misalnya, guru honorer mengajar di SD negeri tetapi tamatannya jurusan S1 administrasi pendidikan dan memiliki akta 4.


"Ini baru beberapa masalah yang masuk dari teman-teman di sejumlah provinsi. Semoga ada penjelasan dari Kemendikbud," ucap Olivia.


Sebelumnya Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Nunuk Suryani mengungkapkan, ada tiga tahapan program guru belajar dan berbagi - seri belajar mandiri bagi calon guru ASN PPPK:


1. Pendahuluan, di mana peserta dibekali orientasi terkait penjelasan teknis, penggunaan modul, pembelajaran dan komunitas pembelajaran.


2. Fasilitasi pembelajaran, di mana peserta secara mandiri belajar substansi pedagogi dan bidang studi masing-masing. Peserta memanfaatkan fasilitas ruang kolaborasi dan komunitas pembelajaran dalam mengembangkan pemahaman dan kemampuannya, serta mencoba beberapa soal formatif untuk mengetahui tingkat pemahaman materi yang telah dipelajari. 


3. Try out, di mana peserta bisa daftar untuk ikut pelatihan soal-soal pedagogi dan bidang studi masing-masing setelah proses belajar mandiri dilakukan. 


Dia menyebutkan, ada 38 jenis modul belajar.


Terdiri dari 26 mata pelajaran dari jenjang SD, SMP, dan SMA.


“Peserta para guru di Indonesia diprioritaskan untuk guru non-PNS yang akan mengikuti seleksi guru ASN PPPK tahun 2021,” imbuh Nunuk Suryani.


Dia mengatakan, pemilihan mata pelajar dimulai dari 3 Maret sampai 12 April 2021. Jadwal belajar dimulai dari 3 Maret sampai 18 April 2021, try out dilakukan per minggu, lima hari, Senin sampai Jumat.


"Kemudian try out per hari pada Senin sampai Kamis sebanyak empat sesi, dan hari Jumat tiga sesi. Tiap sesi melaksanakan try out 25 mapel. Maksimal hanya lima ribu peserta try out pada setiap sesi tiap mapel,” beber Nunuk Suryani. (esy/jpnn)


Cara Registrasi Mandiri Akun SIM PKB baik guru PAI, Guru Kelas atau Guru Matpel lainnya.


Bagi guru yang berhasil penulis ucapkan selamat belajar. bagi yang belum silahkan ikuti langkah langkah dibawah ini: 


1. Klik link berikut; app.simpkb.id/akun/ptk


2. Kemudian ketikkan nama lengkap, Provinsi dan Kabupaten/Kota tempat tugas, setelah itu klik "Cari GTK"


3. Jika berhasil tampilannya seperti ini


4. Setelah nomor UKG didapatkan lakukan registrasi di link ini: app.simpkb.id/akun/registrasi



5. Maka akan keluar himbauan seperti dibawah ini (Pendaftaran Akun SIMPKB secara mandiri hanya bisa dilakukan satu kali)



6. klik Setuju maka akan keluar hasil seperti di bawah ini ( Jika sudah keluar hasil seperti dibawah ini pastikan Screenshoot terlebih dulu setelah itu cari simbol unduh untuk mendownload keterangan dengan pdf)



7. setelah berhasil mendapatkan username dan password silahkan langsung log in di paspor.simpkb.id/casgpo/login


8. Kemudian silahkan ubah data profil dan mata pelajaran yang di ampu (untuk saat ini akses masih terbatas pada perubahan mata pelajaran dan apload foto Profil


Nah, jika setelah menemukan nomor ukg mengalami kendala dalam register kemungkinan terdapat kesalahan pada data DAPODIK. pastikan registrasi dengan tanggal lahir yang ada di DAPODIK. untuk mengetahui ini kita dapat menghubungi Operator Sekolah masing masing.


Baca Juga : CATAT! Syarat Pendaftaran CPNS 2021 Lulusan SMA, D3, S1, Segera Cek Informasi Jadwal dan Formasi Seleksi Maret Nanti


Baca Juga : PPPK Tanpa TES, DPR dan Kepala Daerah Mendukung Penuh Guru Honorer! Selengkapnya


Baca Juga : Download GRATIS Kumpulan Soal Seleksi PPPK Guru 2021 + Kunci Jawaban Lengkap


setelah ini kita dapat mengikuti program guru penggerak, Seri Guru Belajar Assesment Kompetensi Minimum dan masih banyak lagi program yang diluncurkan KEMENDIKBUD.


Namun untuk kita Guru PAI masih belum dapat masuk Komunitas karena belum tersedianya komunitas khusus guru PAI pada SIMPKB.


Demikian solusi tidak punya akun SIM PKB dan cara registrasi atau daftar SIM PKB untuk akses program guru belajar Calon ASN PPPK 2021.