CEK SEKARANG ! Nasabah BRI & BNI Bisa Dapatkan BLT Rp 1,2 Juta, Caranya Sangat Mudah Bunda

Advertisement

CEK SEKARANG ! Nasabah BRI & BNI Bisa Dapatkan BLT Rp 1,2 Juta, Caranya Sangat Mudah Bunda

Rabu, 21 April 2021

Belajardirumah.org  - Pelaku usaha UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 bisa mendapatkan bantuan dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah. 


Lalu bagaimana cara daftar UMKM (daftar UMKM online)? 


Cara mendaftar UMKM untuk mendapatkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) memang beberapa tahapannya bisa dilakukan secara online (daftar online UMKM). Bantuan ini diberikan pada pelaku usaha mikro yang belum bankable atau belum tersentuh kredit perbankan. 


Total ada sebanyak 12,8 juta pelaku usaha mikro yang akan diberi BLT UMKM 2021 dengan total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 15,36 triliun. 


Syarat dan prosedur daftar UMKM online 


Proses dan cara daftar UMKM untuk mendapatkan BLT UMKM 2021 yakni dengan mengajukan langsung ke Dinas Koperasi dan UKM setempat di tingkat kabupaten/kota. 


Beberapa pemda, sudah memberlakukan daftar UMKM online, alias pengajuan berkas bisa dilakukan secara online (daftar online UMKM). 


Sementara beberapa daerah masih mengharuskan pelaku usaha untuk datang langsung guna menyerahkan berkas.  Selanjutnya dinas tersebut akan menyampaikan ke dinas di tingkat provinsi lalu dilanjutkan ke Kemenkop dan UKM Deputi Bidang Usaha Mikro. 


Adapun berkas yang perlu dipersiapkan adalah: 


- Nomor Induk Kependudukan (NIK) 


- Nomor Kartu Keluarga (KK) 


- Nama lengkap 


- Alamat tempat tinggal 


- Bidang usaha 


- Nomor telepon 


Syarat daftar BLM UMKM 2021 


- WNI 


- Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) 


- Memiliki usaha mikro Bukan PNS, TNI/Polri, pegawai BUMN atau BUMD 


- Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR 


- Bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha berbeda bisa melampirkan Surat Keterangan Usaha atau SKU. 


Dalam proses seleksi, Dinas Koperasi dan UMKM sebagai pengusul akan melakukan pembersihan data calon penerima BLT UMKM 2021. 


Pembersihan data dilakukan melalui verifikasi identitas kependudukan dan pengecekan kelengkapan dokumen calon persyaratan. Jika semua syarat terpenuhi, maka pengajuan BLT UMKM bisa dilakukan melalui Dinas Koperasi dan UMKM setempat sesuai dengan domisili pemohon.  


sumber ; nasional.kontan.co.id